MATERI TADABBUR QUR’AN


PONPES DZIKIR ALFATH – SMK IT AL FAH
PROGRAM SANDARAN ( SANLAT DARING RAMADHAN )

Oleh : Pimp. Ponpes Dzikir Al Fath – Direktur Program SMK IT Al Fath
Prof. Dr. Kh. M. Fajar Laksana, SE., CQM., MM., Ph.D

HARI KE (1) SATU :
BULAN RAMADHAN BULAN QURAN

TADABBUR QUR’AN SURAT :

  1. Qs.Albaqarah 183
  2. Qs.Albaqarah 185
  3. Qs.Sad 29
  4. Qs Al Isra 82
  5. Qs Al Isra 45.46
  6. Qs Alaq 1
  7. Qs. Al Araf 204.205.
  8. Qs Al Anfal 2
  9. Qs.Al qadar 1 sd 5
  10. Qs Adukhan 1 sd 4
  11. Qs Al Qiyamah 16 sd 19
  12. Qs Yasin 69
  13. Qs Al Furqan ayat 4.5.

Allah berfirman dalam Qs Albaqarah ayat 183. sebagai perintah kepada orang yg beriman diwajibkan untuk berpuasa dibulan ramadhan agar bisa menjadi orang yang bertaqwa.
selanjutnya apa yg harus dilakukan oleh orang yg berpuasa di bulan ramadhan. maka dijelaskan oleh Allah dalam Qs Albaqarah 185. bahwa bulan ramadhan bulan diturunkan alquran sebagai pedoman petunjuk dan penjelas serta pembeda yg baik dan yang buruk. berarti bulan ramadhan ketika orang berpuasa harus diisi dengan menurunkan Alquran.
kemudia bagaimana caranya menurunkan Alquran itu, maka ada 2 cara menurunkan Alquran.
1).Adalah seperti yg disampaikan oleh Allah dalam Qs Sad ayat 29. menurunkan Alquran itu dengan Tadabbur yaitu mengkaji memahami isi kandungan alquran kemudian tadzakur untuk diambil pelajaran agar bisa diamalkan.
2).Sesuai perintah Allah Qs.Al Alaq ayat 1. Al araf 204. 205. Alanfal 2.

Maka diperintahkan baca quran dgn selalu dzikir atau ingat kepada Allah.
maka menurunkan Alquran itu dibulan ramadhan yaitu dgn mengkaji alquran untuk dipahami dan diamalkan juga di baca Alquran tsbt dgn selalu dzikir kepada Allah.
hal ini dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu,

أن جبريل كان يعْرضُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقُرْآنَ كُلَّ عَامٍ مَرَّةً ، فَعرضَ عَلَيْهِ مَرَّتَيْنِ فِي الْعَامِ الَّذِي قُبِضَ فيه

“Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alayi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya)” ( HR. Bukhari no. 4614).
Hadist diatas menunjukan bahwa Nabi Muhammad saw. setiap bulan ramdhan mempelajari alquran.yg langsung diajarkan oleh malaikat Jibril.

Apabila kita mampu menurunkan Alquran dengan mengkaji dan membaca alquran maka. Alquran itu akan membawa keberkahan. hal ini dijelaskan oleh Allah Qs Al Isra 82. Alquran diturunkan menjadi Syifa atau obat dan rahmat. maka dikala ada wabah Qorona pada saat sekarang bisa dihilangkan dengan menurunkan Alquran.
kemudian menurunkan alquran ini bisa menyebakan mendapatkan lailatul qadar dan diturunkan malaikat Allah. sehingga hidup kita akan diatur oleh Allah dijaga dilindungi dan diselamatkan oleh Allah Swt sehingga kita bisa hidup suskes dunia dan akhirat.hal ini dijelaskan dalam Qs Alqadar. dan juga Qs Adukhan.
Tapi kemudian bagaimana membaca Alquran sehingga kita bisa mendapatkan Syifa.Rahmat. Berkah dan Mendapat Lailatul Qodar. maka ada cara nya membaca Alquran itu. yaitu :
1).Ketika Alquran dibacakan dengarkanlah dan diamlah lalu ketika baca Alquran harus dengan Dzikir ini dijelaskan dalam qs Al Araf 204.205 dan Al Anfal 2.
2) Membaca Alquran caranya dijelaskan qs al qiyamah 16 sd 19. Baca Quran pelan pelan jangan cepat cepat ingin menguasainya. setelah dibaca Alquran dipahami lalu ikuti bacaanya atau amalkan.
Maka harus dipahami membaca Alquran itu ada caranya kalau tidak maka kita tidak akan memahami Alquran karena antara kita dgn alquran adan Hijab atau penghalang yg menutupi nya yaitu hati yg keras bagaikan batu ini dijelaskan Qs Al Isra 45.46 dan Qs Azzumar 22.
oleh karena itu jangan sampai quran hanya dijadikan Syair dan dongeng Qs Yasin ayat 69 dan Qs Alfurqan ayat 4 dan 5.
Berarti menurunkan Alquran itu adalah dengan Tadabbur, Tadzakur dan Dzikir kepada Allah inshaAllah Alquran yg dibaca akan memberikan keberkahan dan Rahmat dari Allah Swt. Aamiin Yra.
Maaa ashoobaka min hasanatin fa minallohi wa maaa ashoobaka min sayyi`atin fa min nafsik,

Wallahu a’lam bishshawab

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (2) DUA :
TOLAK BALA BENCANA WABAH PENYAKIT

TADABBUR QUR’AN SURAT :

  1. Qs Al Araf 133
  2. Qs Al Anfal 25
  3. Qs Al anfal 33
  4. Qs Al Ahdzab 35
  5. Qs.Al Isra 82
  6. Qs Al anfal 9
  7. Qs.Albaqarah 186
  8. Qs Fushilat 30.31
  9. Qs Arad 11

Allah SWT berfirman:

فَاَرْسَلْنَا عَلَيْهِمُ الطُّوْفَانَ وَالْجَـرَادَ وَالْقُمَّلَ وَالضَّفَادِعَ وَالدَّمَ اٰيٰتٍ مُّفَصَّلٰتٍ ۗ فَاسْتَكْبَرُوْا وَكَانُوْا قَوْمًا مُّجْرِمِيْنَ

“Maka, Kami kirimkan kepada mereka topan, belalang, kutu, katak, dan darah (air minum berubah menjadi darah) sebagai bukti-bukti yang jelas, tetapi mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum yang berdosa.”
(QS. Al-A’raf 7: Ayat 133)

Firman Allah diatas mirip dengan apa yg terjadi saat ini. dengan adanya bencana wabah penyakit Virus Corona. ini akibat banyaknya perbuatan dosa manusia.
Untuk menghadapinya maka Allah telah menyampaikan harus waspada dan hati hati karena Adzab ini bisa mengena kepada Orang beriman yg shaleh Qs.Al-Anfal 25. ” Peliharalah dirimu dari siksaaan yang tidak hanya menimpa orang orang yg zalim saja diantara kamu.ketahuilah bahwa Allah sangat kersa siksa Nya”.
Firman Allah ini menyuruh kita untuk menjaga dan memelihara diri kita. agar tidak terkena Adzab akibat orang yg Dzalim.yg berbuat Dosa. maka cara nya Allah Jelaskan dalam Alquran.

  1. OBATI DGN TOBAT.
  2. OBATI DGN BACA QURAN.DZIKIR DAN DOA
  3. OBATI DGN USAHA
  4. OBATI DGN SHADAQOH.

1).Obati dgn Tobat.
Bertobat mohon ampunan kepada Allah dapat menolak Adzab dari Allah. ini dijelaskan oleh Allah dalam Qs.Al Anfal :33. “Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka.selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka dan tidak pula Allah menghukum mereka sedang mereka masih memohon ampunan”.
Cara memohon ampunan kepada Allah salah satu nya adalah dengan Dzikir. Qs Al Ahdzab : 35 “….Wadzaakiriinalloha kasiirow wadzaakirooti a’addallohu lahum maghfirotaw wa ajron ‘azhiimaa” ( laki laki dan perempuan yg banyak berdzikir kepada Allah . Allah telah menyediakan untuk merwka ampunan dan pahala yg besar.)
Bertobat mencegah Adzab. tolak bala juga dilaksanakan. dgn SHAUM.SHALAT.SEDEKAH.sesuai Sabda Nabi Muhammad saw.” UJIAN YANG MENIMPA SESEORANG PADA KELUARGA.HARTA.JIWA.ANAK DAN TETANGGANYA BISA DIHAPUS DENGAN PUASA.SHALAT.SEDEKAH DAN AMAR MAKRUF NAHI MUNKAR (HR.BUKHARI DAN MUSLIM).

2).Berobat dgn Dzikir.Baca Quran dan Berdoa.
Allah turunkan quran menjadi Obat (Qs Al Isra 82). maka baca Quran inshaAllah menjadi obat segala penyakit.kemudian
Minta tolong kepada Allah maka oleh Allah akan ditolong (Qs Al Anfal:9.). mohon berdoa kepada Allah maka oleh Allah akan di kabulkan segala doa nya (qs Albaqarah : 186). dan kata Allah jangan Takut. jangan Khawatir Allah akan menurunkan tentara malaikat menolong kita. asal kita mau Berdzikir mengucapkan kalimat LAAILLAAHAILAALLAAH dgn istiqomah (Qs Fushilat 30.31).
3).Berobat dengan Usaha.
Allah sampaikan dalam Qs. Ara’d:11.
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri,”
Maka wajib manusia mencari meneliti membuat obat untuk menghadapi penyakit baik dari obat kimia maupun HERBAL SEPERTI DI ALFATH DGN MEMBUAT RAMUAN OBAT HERBAL MENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH DAN ANTI VIRUS YAITU ANTICOL .ANTICOR.BIOSIN 36. Serta berusaha untuk melakukan pencegahannya.

4).Berobat dgn Shadaqoh.
Ibnul Qayyim rahimahullah berkata

“إن للصدقة تأثيرا عجيبا في دفع أنواع البلاء، ولو كانت من فاجر أو من ظالم، بل من كافر، فإن الله تعالى يدفع بها عنه أنواعا من البلاء، وهذا أمر معلوم عند الناس خاصتهم وعامتهم، وأهل الأرض كلهم مقرون به؛ لأنهم جرَّبوه”

“Sedekah memiliki pengaruh yang ajaib dalam mencegah berbagai bala’, walaupun sedekah dari seorang fajir (ahli maksiat) atau dzalim bahkan dari orang kafir. Karena Allah mencegah dengan sedekah berbagai bala’. Hal ini telah diketahui oleh manusia baik yang awam ataupun tidak. Penduduk bumi mengakui hal ini karena mereja telah membuktikannya.”

Hadits berikut nya

حصنوا أموالكم بالزكاة، وداووا مرضاكم بالصدقة، وأعدوا للبلاء الدعاء

“jagalah harta kalian dengan zakat, OBATILAH ORANG YANG SAKIT DI ANTARA KALIAN DENGAN SEDEKAH dan tolaklah bala’ dengan doa”
Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (3) TIGA :
KEMENANGAN DARI ALLAH

TADABBUR QUR’AN SURAT :

  1. Qs.Alfath 1
  2. Qs.Alfath 28
  3. Qs.Al Anfal 41
  4. Qs.Attaubah 111
  5. Qs.Al Anfal 9.10
  6. Qs.Alfath 18.
  7. Qs Alfath 2.3.4.5.

Allah telah memberikan suatu kepastian untuk memberikan kemenangan yang nyata.dalam qs Alfath ayat 1.Apa yg dipastikan mendapatkan kemenangan oleh Allah.yaitu.

1).Qs Alfath 28
Allah menjelaskan bahwa Agama Islam yg dibawa oleh Nabi Muhammad Saw yang dipastikan dan dijamin mendapatkan kemenangan dari semua agama yang ada.maka beribadhlah dengan sunguh sungguh masuk agama islam secara keseluruhan dijamin mendapatkan kemenangan.

2).Qs.Al Anfal 41.
Bulan ramadhan adalah bulan kemenangan disebut juga yaumal furqoon atau hari kemenangan.maka dibulan ramadhan Allah memberikan kemenangan yang nyata yaitu seperti yg dijelaskan dalam Qs Alfath ayat 2.3.4. 5. yang meliputi :

  1. Ampunan dari dosa yg lalu dan dosa yg akan datang
  2. Disempurnakan atau ditambah Nikmat dari nikmat yg sudah ada.
  3. Diberikan hidayah dan jalan yg lurus
  4. Mendapatkan pertolongan yg kuat
  5. Diberikan ketenangan
  6. Ditambah keimanannya
  7. Diberikan tentara langit dan bumi
  8. Dimasukan ke Syurga Allah
  9. Dihapuskan semua kesalahanya.
  10. Kemanangan ini pasti diberikan oleh Allah bagi orang yg beriman yang menjalankan ibadah shaum dengan sungguh sungguh.

3).Qs Attaubah 111.
Allah pastikan akan memberikan kemenanagn kepada mukmin yang mau berjihad di jalan Allah. Harta dan diri kita yg dikorbankan untuk membela agama Allah akan di beli oleh Allah dengan kemenanangan yang besar yaitu mendapatkan Syurga Allah.

4).Qs Al Anfal 9.10
Mukmin yamg mau Istighasa meminta tolong kepada Allah maka akan diberikan kemenangan oleh Allah dengan diturunkan tentara langit para malaikat Allah untuk menolong memberikan kemenangan atas ijin Allah Swt.

5).Qs Alfath 18.
Allah akan memberikan kemenangan yang dekat kepada mukmin yang MAU BERBAIAT berjanji didepan IMAM JAMAAH mau berhijrah dan berjihad dijalan Allah. seperti yg dilakukan oleh pengikut Nabi Muhammads Saw.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (4) EMPAT :
KEMENANGAN MENDAPATKAN AMPUNAN, NIKMAT & HIDAYAH DARI ALLAH SWT.

TADABBUR QUR’AN SURAT :

Penjelasan :
1.Qs.Al Ahzab ayat 35.
2.Qs.Al Ahzab 41.42.43
3.Qs.Ibrahim 7
4.Qs.Al Kausar
5.Qs.Albaqarah 152
6.Qs Ad Duha 11
6.Qs.Albaqarah 185
7.Qs.Sad 29
8.Qs Alfatihah 6.7
9.Qs.Alqamar 4.5.

Allah berfirman dalam Qs Alfath ayat 2. bahwa kemenangan dari Allah meliputi :

  1. Ampunan Allah dari dosa yang lalu dan dosa yang akan datang
  2. ditambah dan disempurnakan nikmat yang ada
  3. Diberikan hidayah dan jalan yang lurus.

Tiga kemenangan tersebut yang diberikan oleh Allah pasti kita peroleh apabila kita bisa melaksanakan amaliyah. yaitu
1.Ampunan Allah.
untuk mendapatkan ampunan dari Allah lebih khusus dibulan ramadhan ini Allah sampaikan dalam qs Al ahzab ayat 35 dengan berdzikir kepada Allah maka akan diampuni dosa kita. begitu juga di pertegas dalam Qs Al Ahzab ayat 41.42.43. dgn berdzikir kepada Allah sebanyak banyaknya maka akan turun malaikat atas perintah Allah untuk.memohonkan ampuanan kepada Allah bagi mereka yang berdzikir kepada Allah.

2.Ditambah Nikmat.
Allah telah menyampaikan di Qs Ibrahim ayat 7. barang siapa yang bersyukur kepada Allah maka oleh Allah akan ditambah nikmat. lalu bagaimana cara nya bersyukur sehingga ditambah nikmat oleh Allah .maka dijelaskan kembali dalam Qs Al Kausar yaitu dengan melaksanakan Shalat dan berkorban. maka khusus di bulan ramadhan ada shalat sunat taraweh dan shalat shalat sunat lainya itu semua sebagai perwujudan rasa syukur kita kepada Allah sehingga kita akan ditambah nikmat. kemudian bersyukur juga bisa laksanakan dgn dzikir ini dijelaskan dalam qs Albaqarah ayat 152. dan bersyukur juga dilakukan dgn menyebut nyebut nikmat yg sudah diberikan oleh Allah di Qs Ad Duha 11.

3.Diberikan hidayah dan jalan yang lurus.
Allah telah menjelaskan dalam qs Albaqarah 185 untuk mendapatkan hidayah itu dgn menurunkan Alquran kedalam diri kita yaitu dgn Tadabbur dan tadzakur Alquran maka akan mendapatkan petunjuk bagi manusia dan penjelas dari petunjuk tsbt dan pembeda yg benar dan yg salah.selanjutnya untuk mendapatkan jalan yg lurus Allah sampaikan di Qs Alfatiha ayat 6.7 kita disuruh mengikuti orang yg telah mendapatkan nikmat dari Allah. yaitu Para Nabi para sahabat nabi,Tabiin. Auliya Allah. Ulama Guru guru. kita dengan menjadi murid nya mengikuti jejak nya maka inshaAllah kita akan mendaptkan jalan yg lurus.serta dijelaskan lagi dalam qs Al Qamar. agar kita bisa mengambil Hikmah dari kisah atau sejarah khusus nya kisah sejarah di Alquran dan hamba hamba yg saleh maka itu adalah hikmah yg sempurna atau guru yg terbaik untuk mendapatkan jalan yg lurus.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (5) LIMA :
MENDAPATKAN PERTOLONGAN DARI ALLAH.

Tadabur Qs Alfath ayat 3
Penjelasan :
Qs.Muhammad ayat 7
Qs Al Anfal 72
Qs Al Anfal 73
Qs Al Imran 103.104.
Qs Al Anfal ayat 9.10
Qs Fushilat 30.31
Qs Albaqarah 152.153
Qs Albaqarah 186.
Qs An nashr.

Allah SWT berfirman:

وَّ يَنْصُرَكَ اللّٰهُ نَصْرًا عَزِيْزًا

Agar Allah memberikan pertolongan yang kuat
(QS. Al-Fath 48: Ayat 3).

Firman Allah diatas menjelaskan bahwa Allah akan memberikan pertolongan yang kuat. kepada siapa ??.
Ini yg harus kita kaji dan dalami bahwa sesungguhnya kemenangan yang nyata di qs alfath 1 yang pasti Allah berikan adalah “Allah akan memberikan Pertolongan yg kuat” yaitu DENGAN SYARAT MAU MENOLONG AGAMA ALLAH TERLEBIH DAHULU BARU ALLAH AKAN MENOLONG KITA. hal ini di jelaskan oleh Allah dalam Qs Muhammad ayat 7
Allah SWT berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِنْ تَـنْصُرُوا اللّٰهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ اَقْدَامَكُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”
(QS. Muhammad 47: Ayat 7).

Jadi syarat mutlak Allah akan menolong kita apabila kita Mau menolong Agama Allah.
Apa saja yang termasuk menolong Agama Allah ini. maka Allah jelaskan sbb
1). JIHAD DENGAN HARTA DAN DIRI KITA.
dalam Qs Al Anfal ayat 72. caranya yaitu orang yg beriman harus hijrah dan berjihad dengan HARTA DAN DIRINYA.
ini meliputi pengorbanan Umat Islam dalamenguatkan dan membesarkan agama Allah melalui ZAKAT INFAK SHADAQOH membangun Pendidikan.Ekonomi.Kesehatan. Pertanian.Sosial Budaya. Politik. supaya Agama Islam menjadi kuat dan besar.
kemudian mengorbankan DIRINYA JIWA DAN RAGA NYA untuk membela Agama Islam secara Fisik dengan berani MEMERANGI KEMUNGKARAN.KEMISKINAN. berani menghadapi Musuh Islam yang bisa merusak AJARAN ISLAM. mengorbankan DIRINYA TERMASUK WAKTUNYA UNTUK MENOLONG SESAMA UMAT MANUSIA DALAM PENDIDIKAN.KESEHATAN.EKONOMI. MELAKSANAKAN SYIAR DAN DAKWAH ISLAM MENYAMPAIKAN. MENGAJARKAN DAN MENGAMALKAN SERTA MEMPERJUANGKAN ALQURAN DAN ASSUNAH DALAM KEHIDUPAN itu bagian dari JIHAD.

2).MEMPERKUAT JAMAAH ISLAM
Dalam qs Al Imran ayat 103. 104. kita diperintahkan untuk MASUK DALAM JAMAAH ISLAM UNTUK SALING LINDUNG MELINDUNGI. jangan hidup sendiri sendiri berpecah belah. supaya kita bisa MENYAMPAIKAN KEBAJIKAN (ALQURAN) MENGAJAK BERBUAT BAIK. DAN MENCEGAH KEMUNKARAN DENGAN KEKUATAN JAMAAH ISLAM.
karena Allah memperingatkan dalam Qs Al Anfal ayat 73. ORANG KAFIR PUN MEREKA SALING LINDUNG MELINDUNGI DAN MENYUSUN KEKUATAN KAFIRIN. JIKA KITA UMAT ISLAM YG BERIMAN TIDAK HIJRAH DALAM JAMAAH. UNTUK BERSATU SALING LINDUNG MELINDUNGI MAKA UMAT ISLAM AKAN KALAH.

Dua syarat diatas yang minimal harus dilakukan oleh Umat Islam sebagai bentuk dari MENOLONG AGAMA ALLAH YAITU :
1.JIHAD DGN HARTA DAN DIRI KITA
2.MASUK DALAM JAMAAH MEMBANGUN KEKUATAN JAMAAH ISLAM.

kalau kita sudah bisa melaksanakan ini maka akan datang pertolongan dari ALLAH sesuai dgn Qs Muhammad ayat 7. Dengan syarat JUGA KITA HARUS MEMINTA TOLONG KEPADA ALLAH.
Jadi syarat kita minta tolong kepada Allah

“Harus ada bukti menolong agama Allah.
Lalu syarat ditolong oleh Allah kita harus meminta tolong kepada Allah”.

Maka setelah kita punya bukti menolong agama Allah dgn Jihad dan Hidup dalam Jamaah Islam.MAKA SELANJUT NYA KITA MINTA TOLONG KEPADA ALLAH seperti yg dijelaskan dalam Qs Al Anfal ayat 9.10. dimana Allah jelaskan Minta tolonglah kepada Allah maka akan di kabulkan ditolong oleh Allah dengan diturunkan tentara malaikat Allah 1000 malaikat yang akan datang berturut turut menolong kita semua. sehingga umat islam akan menjadi tenang dengan adanya pertolongan Allah menjadi MENANG.
maka kunci kemenangan umat islam adalah ketika datang pertolongan dari Allah. dgn syarat MENOLONG AGAMA ALLAH DAHULU. LALU MEMINTA TOLONG KEPADA ALLAH.
Lalu bagaimana cara kita minta tolong kepada Allah. maka Allah jelaskan caranya yaitu.
1.Istiqomah dengan Dzikir. ini dijelaskan oleh Allah dalam qs Fushilat ayat 30.31
2.Dgn Dzikir. Syukur. sabar dan Shalat Qs Albaqarah ayat 152.153.
3.Dengan Istighasa dan Berdoa kepada Allah. Qs Albaqarah ayat 186.dan Qs Al Anfal 9.
InshaAllah kita melaksanakan Dzikir yg istiqomah.Syukur Sabar.Shalat. Istighasa dan berdoa akan datang pertolongan dari Allah.dan Kemenangan pasti datang.
Apa cirinya Adanya pertolongan dan kemenangan dari Allah di jelaskan dalam Qs An Nashr. Apabila datang pertolongan dan kemenangan maka berbondong bondong orang masuk agama islam dan bertasbih.memuji Allah. dan mohon Ampunan kepada Allah.
Semoga kita SELALAU MENDAPATKAN PERTOLONGAN DAN KEMENANGAN DARI ALLAH. AAMIIN YRA.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (6) ENAM :
MENDAPATKAN KETENANGAN.

Tadabbur Qs Alfath 4.
Penjelasan :
Qs Arad 28
Qs Yunus 62
Qs Fushilat 30.31
Qs Al Ahzab 41
Qs Al Anfal 2

Allah SWT berfirman:

هُوَ الَّذِيْۤ اَنْزَلَ السَّكِيْنَةَ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ لِيَزْدَادُوْۤا اِيْمَانًا مَّعَ اِيْمَانِهِمْ ۗ وَلِلّٰهِ جُنُوْدُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ ۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَكِيْمًا

“Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana,”
(QS. Al-Fath 48: Ayat 4).

Firman Allah tersebut diatas menunjukan Kemenangan yang Allah berikan kepada orang yg beriman yaitu :
1.Ketenangan dalam hati orang beriman
2.Menambah keimanan
3.Allah Penguasa pemilik tentara langit dan bumi. yg bisa menolong manusia yg beriman.

Menjadi manusia yang tenang berarti menjadi manusia yang BAHAGIA. karena kebahagiaan itu ada dalam Hati. maka Hati yang tenang berarti Hati yang bahagia sehingga bertambah keimanannya kepada Allah.maka sesungguhnya ini yg dicari oleh semua manusia.
Islam sudah mengajarkan bagaiamana Hati manusia menjadi tenang dan bahagia dijelaskan dalam qs Arad ayat 28. bahwa sesungguhnya orang yang beriman hati nya menjadi tenang dgn Dzikir maka berdzikir lah hati menjadi tenang.
dari firman Allah ini maka sangat jelas ilmu dan cara supaya hati menjadi tenang dan bahagia adalah dengan Dzikir.
maka dengan hati yang tenang tidak ada rasa takut dan rasa khawatir serta duka nestapa.karena selalu berdzikir kepada Allah.
selanjutnya Allah juga menyampaikan dalam qs Yunus ayat 62.bahwa para kekasih Allah tidak pernah takut.khawatir dan bersedih hati.berarti para Auliya Allah ini hati nya tenang. berarti para Auliya Allah suka berdzikir yang menyebabkan hati menjadi tenang tidak takut. khawatir dan tidak bersedih hati.

Berdasarkan penjelasan diatas maka kunci nya adalah Dzikir yg menyebabkan hati menjadi tenanag.bahagia tidak takut.tidak khawatir dan tidak bersedih hati.
lalu cara nya bagaimana berdzikir tsbut. maka Allah sampaikan caranya dalam Qs Fushilat ayat 30. 31. yaitu. orang yang beriman yang istiqomah mengatakan lailaahaillaallaah. maka turun para malaikat sebagai tentara langit yang menjaga manusia sehingga manusia tidak takut dan tidak bersedih hati bahkan dijamin masuk syurga.
Firman Allah ini menjelaskan cara Dzikir itu mengucapkan kalimat Laailaahaillaallah dengan istiqomah artinya mengucapkan nya harus banyak. ini dijelaskan lagi oleh Allah dalam Qs Al Ahdzab ayat 41 dimana orang yg beriman diperintahkan untuk berdzikir sebanyak banyaknya.
Dzikir yang banyak dan istiqomah ini akan menyebabkan hati menjadi tenang. tapi tidak sampai hanya disini saja Allah menyuruh Dzikir itu harus dilanjutkan dengan membaca Alquran supaya hati menjadi tenang dan bertambah keimanananya. ini di jelaskan lagi oleh Allah dalam Qs Al anfal ayat 2. bahwa sesungguhnya orang yang beriman itu Berdzikir sampai bergetar Qalbu dan baca ayat ayat alquran sampai bertambah keimananya.
Penjelasan tentang Dzikir dan baca Alquran ini lah yang menyebabkan kita bisa mendapatkan kemenangan dari Allah yg dijelaskan dalam qs Alfath ayat 4. yaitu mendapatkan ketenangan. ditambah iman kita ditolong oleh Allah dengan bantuan tentara langit dan bumi.Aamiin Yra.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (7) TUJUH :
DIMASUKAN KE SYURGA ALLAH DIHAPUSKAN KESALAHAN DIAMPUNI DOSA.

Tadabur Qs Alfath 5

Allah SWT berfirman:

لِّيُدْخِلَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَا وَيُكَفِّرَ عَنْهُمْ سَيِّاٰتِهِمْ ۗ وَكَانَ ذٰلِكَ عِنْدَ اللّٰهِ فَوْزًا عَظِيْمًا

“agar Dia masukkan orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya dan Dia akan menghapus kesalahan-kesalahan mereka. Dan yang demikian itu menurut Allah suatu keuntungan yang besar,”
(QS. Al-Fath 48: Ayat 5)

Kemenangan dari Allah selanjutnya di Qs Alfath ayat 5 adalah Dimasukan kedalam Syurga Allah dan Dihapuskan segala kesahanya.serta diampuni dosa.

Siapa saja yg akan dimasukan kedalam Syurga maka Allah dan dihapuskan kesalahanya.dijelaskan dalam Alquran yaitu :

A.ORANG YANG AKAN DIMASUKAN KE.SYURGA ALLAH.

1..Qs An Nisa 69
Para Nabi.Orang yg Jujur (Shidiq).Mati Syahid.Orang Shalih.Dijamin Masuk Syurga.

2 .Qs Al Muthafifin 22.Qs Ar Radu 13.Qs Albaqarah 25.Qs Attaubah 72.Qs Al Kahfi.30.31.107.108.Qs Yunus 26.
Orang yg berbuat baik.beriman dan amal Shaleh. Akan masuk Syurga.

3.Qs Al Waqiah 10.
Orang Paling Dahulu Beriman.akan masuk syurga.

4.Qs Al Waqiah. 27-38.
Ashabul Yamin Orang yang menerima buku catatan amal dari sebelah kanan akan masuk syurga.

5.Qs Ar Radu 23.24.
Ash Shabirun. Orang yang sabar. akan masuk syurga.

6.Qs.Arahman 46.
Orang yang takut saat menghadap Allah Swt.akan masuk syurga.

7.Qs.Al Hijr 45.Qs Ath Thuur.17-20.Qs Az Zumar 73.74.
Orang yang bertaqwa.akan masuk syurga.

8.Qs.Maryam 60.
Orang yang bertobat akan masuk syurga.

9.Qs.Al.Imran 142.Qs At Taubah 111.
Orang yg berjihad dengan harta dan dirinya akan masuk syurga.

10.Qs Fussilat 30.
Orang yg Istiqomah Dzikir mengatakan Laailaahaillallaah.Masuk Syurga.

B.ORANG YG DIHAPUSKAN KESALAHAN DAN DIAMPUNI DOSA.

1.Qs An Nisa 31
Menjauhi dosa besar akan dihapuskan kesalahan manusia.
2.Qs Hud 114
Kebaikan amal shaleh akan memghapuskan kesalahan
3.Qs An Nur.22.
Memaafkan orang lain akan di ampuni dosa kita
4.Qs Al Ahdzab.35.41-43.
Qs Al Imran 135.
Berdzikir mohon ampunan kepada Allah diampuni dosa oleh Allah.
5.Qs Az Zumar 53.54.
Kembali kepada Allah dan berserah diri kepada Allah.akan diampuni semua dosa manusia.
6.Qs.At Taubah.104. Qs Hud 3.Qs.An Nisa 110.Qs Albaqarah 199..Qs Al Maidah.74.
Mohon ampunan dan Bertobat kepada Allah diampuni dosanya.

Alhamdulillah semoga kita semua bisa dimasukan kedalam syurga Allah. dihapuskan semua kesalahan kita dan diampuni segala dosa kita Aamiin Yra.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (8) DELAPAN :
MUNAFIK DAN MUSRIK DI ADZAB OLEH ALLAH.

Tadabur Qs Alfath 6.

Allah SWT berfirman:

وَّيُعَذِّبَ الْمُنٰفِقِيْنَ وَالْمُنٰفِقٰتِ وَالْمُشْرِكِيْنَ وَ الْمُشْرِكٰتِ الظَّآ نِّيْنَ بِاللّٰهِ ظَنَّ السَّوْءِ ۗ عَلَيْهِمْ دَآئِرَةُ السَّوْءِ  ۚ وَ غَضِبَ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ وَلَعَنَهُمْ وَاَعَدَّ لَهُمْ جَهَنَّمَ ۗ وَسَآءَتْ مَصِيْرًا

“dan Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, dan (juga) orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang berprasangka buruk terhadap Allah. Mereka akan mendapat giliran (azab) yang buruk, dan Allah murka kepada mereka dan mengutuk mereka, serta menyediakan Neraka Jahanam bagi mereka. Dan (Neraka Jahanam) itu seburuk-buruk tempat kembali.”
(QS. Al-Fath 48: Ayat 6).

Firman Allah tersebut menyampaikan dengan amat Jelas bahwa Orang Munafik dan Musyrik akan di adzab oleh Allah.
lalu siapa dan apa cirinya orang munafik dan musrik tsbt.Allah jelaskan sbb.

A.MUNAFIK
A.1.Sifat ciri orang munafik.
1.Qs. Albaqarah 8.9
MENIPU ALLAH.
Orang munafik Mengaku Beriman (Beragama Islam) tapi tidak mau menjalankan dan memperjuangkan syariat ajaran islam.mereka berdusta dan menipu Allah.
2.Qs Albaqarah 10.
DALAM HATINYA ADA PENYAKIT
orang munafik hatinya tidak suka terhadap kehidupan syareat ajaran islam. ingin hidup bebas.sekuler.senang dgn gaya hidup kafirin.
3.Qs Albaqarah 11.12.
Qs At Taubah.67
SUKA MEMBUAT KERUSAKAN.KEMUNGKARAN
Orang munafik egoistis mementingkan sendiri. tidak mau bersatu dalam jamaah islam.memecah belah. senang adu domba provokator. membuat fitnah.gibah.Hidup nya tidak bermanfaat. selalu membuat kerusakan dan kesulitan.TAPI MEREKA MENGANGGAP DAN MERASA BENAR.
4.QS albaqarah 13.
MENGAGAP MUSLIM ITU BODOH DAN LEMAH.
Orang munafik suka mengikuti orang kafir.menaganggap kemampuan Kafir itu hebat.pintar. kuat. dan menilai islam dan mukmin itu lemah dan bodoh. sehingga tidak mau mengikuti Quran dan Sunnah.
5.Qs.Albaqarah 14.15
TIDAK PUNYA PENDIRIAN MEPEROLOK OLOK AJARAN ISLAM
Orang munafik itu plin plan tidak punya pendirian ketika bertemu dgn orang beriman mereka mengaku beriman. tapi ketika bertemu orang kafir mereka ikut kehidupan kafir.mereka suka memperolok olok dan mempermainkan ajaran islam.
6.Qs. Albaqarah 16.
MEMBELI KEHIDUPAN KAFIR. MENJUAL AJARAN ISLAM.
Orang munafik senang mengikuti kehidupan kafirin dan meninggalkan kehidupan islam Alquran dan Sunah
7.Qs Albaqarah. 17.18.
HATINYA BUTA.BISU DAN TULI.
Orang munafik tidak mau memamahami dan mengamalkan Ajaran Islam Alquran dan Sunnah.Hatinya buta.tuli dan bisu terhadap pedoman hidup umat Islam yaitu Alquran.
8.Qs Annisa 138.139.
MENINGALKAN ORANG MUKMIN BERHIANAT
Orang munafik disiksa yang pedih karena meningalkan atau keluar dari jamaah islam (orang mukmin) dan mengikuti kehidupan bebas kafirin.
9.Qs Annisa 144
MENGANGKAT ORANG KAFIR JADI PEMIMPIN.
Orang munafik memilih orang kafir menjadi pemimpin dan meminta perlindungan kepada orang kafir.
10.Qs Annisa 142.
SHALAT MALAS.RIYA DAN DZIKIR SEDIKIT.
Orang munafik kalau shalat malas dan sangat berat. kalaupun shalat hanya ingin diliat atau dinilai oleh manusia. dan juga KALAU BERDZIKIR SEDIKIT SEKALI.APALAGI KALAU TIDAK DZIKIR.
11.Qs.Al Anfal 21.22
TIDAK MEMAHAMI ALQURAN.
Orang munafik MENGAJI ALQURAN tapi tidak bersunguh sungguh. tidak pernah ingin memahami dan mengamalkan atau memperjuangkan Alquran.membaca Alquran hanya sekedarnya saja.tapi hatinya buta.tuli.dan bisu. mereka tidak pernah bersunguh sungguh ingin memahami dan memperjuangakn Alquran.
12.Qs.At Taubah 44.45.86.87.
TIDAK MAU BERJIHAD.
Orang munafik tidak mau dan selalu meminta ijin untuk tidak berjihad.tidak mau membela memperjuangkan agama Islam.
13.QS At Taubah 75-76.
TIDAK MAU MENGELUARKAN ZIS.KIKIR.
Oranga munafik tidak mau mengeluarkan zakat infak shadaqah mereka Kikir cinta dunia.
14.Qs. At Taubah 79.
MENCELA ORANG YG BERSEDEKAH.
Orang munafik suka menghina orang muslim yg bersedekah maupun orang miskin yg tidak bersedekah.

A.2.HUKUMAN MUNAFIK

1 Qs.At Taubah 68
Orang Munafik dan Kafir. akan diadzab di neraka kekal abadi.
2.Qs.At Taubah 80.
Memohonkan ampunan untuk orang munafik tidak akan di ampuni oleh Allah.
3.Qs.At Taubah 84.
Jangan menshalatkan dan mendoakan orang munafik yg meninggal
4.Qs At Taubah 85.
Orang munafik yang meninggal oleh Allah di tetapkan meninggal dalam keadaan Kafir.

B.MUSYRIK.
B.1.CIRI MUSYRIK
1.Qs.Luqman 13.
Musyrik adalah orang yang mempersekutukan Allah. meduakan Allah.

Menyembah Allah tetapi ada yang lainya yg juga disembah. menjadikan PERANTARAAN menjadi TUHAN.
kalau ada perantaran atau wasilah digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah itu benar.(qs Almaidah 35). tapi kalau menjadikan wasilah atau perantaan itu menjadi tuhan disembah oleh kita. maka itu sudah Musyrik.
Sifat atau perbuatan Musyrik di sebut Syirik. jadi syirik adalah perbuatan yang mempersekutukan Allah. dan perbuatan Syirik adalah DOSA YANG TIDAK AKAN DIAMPUNI OLEH ALLAH karena ada sembahan Lain selain Menyembah Allah dijelaskan dalam Qs At Taubah 113.

B.2.HUKUMAN MUSYRIK
1.Qs.At Atubah.17. 113
Musyrik oleh Allah disamakan dengan Kafir.mereka akan disiksa di neraka kekal abadi.
2.Qs At Taubah 5.6
Kaum Musyrikin wajib di perangi kecuali mereka mau bertobat. dan mau kembali kepada Allah.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.


Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (9) SEMBILAN :
TENTARA LANGIT DAN BUMI.

Tdabbur Qs Alfath 7

Allah SWT berfirman

 QS Al Fath : 7

وَلِلّٰهِ جُنُودُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَكَانَ اللّٰهُ عَزِيزًا حَكِيمًا

Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Firman Allah tsbt menjelaskan tentang adanya tentara langit dan tentara bumi sebagai tentara Allah yang bisa diturunkan untuk menolong manusia agar diberikan kemenangan oleh Allah.ini dijelaskan dalam Qs.Al Anfal 9.10.Qs Fushilat. 30.31.

Siapakah tentara langit dan tentara bumi ini. maka Allah menjelaskan dalam Alquran sebagai berikut :

 A.TENTARA LANGIT MALAIIKAT ALLAH

  1. MALAIKAT 10.
  2. Malaikat Jibril  bertugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT.
  3. Malaikat Isrofil  bertugas meniup sangkakala penanda hari kiamat telah tiba.
  4. Malaikat Izroil  bertugas mencabut nyawa.
  5. Malaikat Rokib  bertugas memcatat segala perbuatan amal baik atau kebajikan seseorang.
  6. Malaikat Atid bertugas mencatat segala perbuatan buruk, bejat dan dosa seseorang.
  7. Malaikat Mungkar dan Nakir. bertugas menanyakan seseorang di alam kubur mengenai segala perbuatannya semasa hidup di dunia.
  8. Malaikat Mikail  bertugas memberikan dan menyampaikan rejeki
  9. Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga.
  10. Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka
  • Malaikat yang menjaga manusia.(Qs Ar Radu.11)
  • Malaikat mengatur urusan manusia ( Qs Al Qadar)
  • Malaikat yang membantu manusia dalam dunia dan akhirat (Qs Fushilat 30.31)
  • Malaikat memohon ampunan kepada Allah untuk manusia (Qs Al Ahdzab 41.42.43)
  • Malaikat membantu dan menolong manusia ( Qs Al Anfal 9.10)
  • Malaikat membantu dalam peperangan (Qs Alimran.123-125.)
  • Malaikat mengatur urusan dunia (Qs An Naaziaat 5)
  • Malaikat membawa kebaikan (Qs Al Mursalat 1)
  • Malaikat yang menyebarkan rahmat ( Qs Al Mursalat 3)
  • Malaikat yang membedakan antara yg hak dan batil dgn sejelas jelasnya ( Qs Al Mursalat 4).

 B.TENTARA BUMI.

  1. MANUSIA BERIMAN.BERHIJRAH DAN BERJIHAD DIJALAN ALLAH.Membela agama Allah sebagai tentara Allah. ( Qs. Al Anfal.72.74. – Qs Attaubah. 111. – Qs Al anfal 64. – Qs.An Naml.17 ).
  2. Tentara Jin. yang ditugaskan Allah membantu perjuangan Nabi Sulaiman. ( Qs.An Naml.17. Qs Adz Dzariat 56 ).
  3. Burung Hudhud meng-islamkan satu negara. ( Qs.An Naml 22 -26 ).
  4. Gajah-gajah pasukan Abrahah tak mau menyerang Ka’bah. ( QS.al-Fiil:1 )
  5. Burung-burung Ababil menghancurkan pasukan yang hendak menyerang Ka’bah. ( QS.al-Fiil:3 )
  6. Burung gagak mengajari manusia teknik mengubur orang yang mati. ( QS.al-Ma’idah:31 )
  7. Topan.Belalang.Kutu.Katak.Darah. diperintah Allah menolong Nabi Musa. ( Qs Al Araf 133 ).
  8. Ular membantu nabi musa. ( Qs Al Araf 107 )
  9. Angin menjadi bala tentara Allah di perang Khandaq.di kirimkan ke.Pada Nabi Muhammad Saw. ( QS.al-Ahzab:9 )
  10. Api. Ditundudukan kepada Nabi Ibrahim As. “Kami berfirman: ‘Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim’.” ( QS Al-Anbiya’: 69 )
  11. Air yang menenggelamkan kaum nabi Nuh as. yang membangkang terhadap Allah. ( Qs.Huud 40. – Qs.Al Araf 64. – Qs.Al Qamar 11-13 )
  12. Batu dan tanah. menolong Nabi Luth. ( Qs Huud 82 ).
  13. Gempa bumi membinasaka  umat Nabi Syu’ab yang menentang Allah. ( Qs Al Ankabuut 37 ).

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (10) SEPULUH :
BERJANJI/ BAIAT MEMEPERJUANGKAN AGAMA ALLAH.

Tadabbur Qs Alfath 8.9.10.

Allah berfirman

Qs. Al Fath : 8

اِنَّآ اَرْسَلْنٰكَ شٰهِدًا وَمُبَشِّرًا وَنَذِيرًا

Sesungguhnya Kami mengutus kamu sebagai saksi, pembawa berita gembira dan pemberi peringatan,

Al Fath : 9

لِّتُؤْمِنُوا بِاللّٰهِ وَرَسُولِهٖ وَتُعَزِّرُوهُ وَتُوَقِّرُوهُ وَتُسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَاَصِيلًا

supaya kamu sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menguatkan (agama)Nya, membesarkan-Nya. Dan bertasbih kepada-Nya di waktu pagi dan petang.

 Al Fath : 10

اِنَّ الَّذِينَ يُبَايِعُونَكَ اِنَّمَا يُبَايِعُونَ اللّٰهَ يَدُ اللّٰهِ فَوْقَ اَيْدِيهِمْۚ فَمَن نَّكَثَ فَاِنَّمَا يَنكُثُ عَلٰى نَفْسِهٖۖ وَمَنْ اَوْفٰى بِمَا عٰهَدَ عَلَيْهُ اللّٰهَ فَسَيُؤْتِيهِ اَجْرًا عَظِيمًا

Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepada kamu sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, maka barangsiapa yang melanggar janjinya niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri  dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah maka Allah akan memberinya pahala yang besar.

Allah berfirman dalam Qs Alfath 8. bahwa Allah mengutus Nabi Muhammad Saw. menjadi Saksi. artinya adalah membawa kalimat saksi yaitu kalimat laailaahaillaallaah  yg menjadi tugas seluruh Nabi untuk dikuatkan dan dibesarkan ini dijelaskan Qs Al Ambiya 25. bahwa Allah mengurus seluruh Nabi dan Rasul untuk membawa kalimat Saksi yaitu Laailaahaillaallaah. kalimat yang bersaksi menyatakan bahwa tidak ada Tuhan Selain Allah dan agar beriman kepada Allah dan Rasulnya.

jadi Allah mengutus Nabi menjadi Saksi artinya MENJADI SAKSI ATAS KEIMANAN UMAT NYA DENGAN MEMBAWA KALIMAT SAKSI YAITU LAAILAAHAILLAALLAAH yang juga dijelaskan dalam Qs Al Imran ayat 18. sebagai pembawa Rahmat untuk Alam semesata yg dijelaskan dlm Qs Alambiya 107. dengan membawa Alquran sebagai kabar gembiran dan peringatan  yg dijelaskan dalam Qs Al Kahfi ayat 1.2 . yaitu membawa kabar gembira orang beriman yang meyakini dan menyatakan Laailaahaillaallaah akan masuk syurga. dan memberikan peringatan orang yang tidak beriman kepada Allah dan Rasulnya akan mendapatkan siksa neraka.

Berdasakan penjelasa Qs Alfath ayat 8 tsbt. maka Nabi Muhammad Saw ditugaskan oleh Allah untuk mengajak umat manusia beriman kepada Allah yaitu dengan cara Menguatkan agama Allah dan membesarkan Agama Allah. yaitu orang yang telah ber iman MAU MENGUATKAN AGAMA ALLAH DENGAN HIJRAH KEDALAM JAMAAH ISLAM DAN MEMBESARKAN AGAMA ALLAH DENGAN BERJIHAD DIJALAN ALLAH DENGAN HARTA DAN DIRINYA. ini dijelaskan dalam Qs Al Anfal 72.bahwa orang yang BERIMAN kemudian BERHIJRAH dAn BERJIHAD DENGAN HARTA DAN DIRINYA. ini maknanya orang BERIMAN KEMUDIAN MENGUATKAN AGAMA ALLAH DAN MEMBESARKAN AGAMA ALLAH. ini makna dalam konteks perjuangan membangun KEHIDUPAN ISLAMI SEBAGAI BUKTI AMAL JIHAD KITA DIHADAPAN ALLAH.

lalu makna secara Pribadi maka MENGUATKAN DAN MEMBESARKAN AGAMA ALLAH. adalah seperti yang dijelaskan oleh Allah dalam Qs Ibrahim ayat 27. bahwa Allah menguatkan orang yang beriman dengan kalimat yg teguh yaitu Laailaaillaallaah. kemudian Membesarkanya Kalimat Laailaahaillaallaah.yaitu mengucapkanya sebanyak banyaknya ini diperintahkan dalam Qs Al Ahdzab 41.42.kemudian setelah itu bertasbihlan MEMBESARKAN AGAMA ALLAH. sebutkan nama Allah sebanyak banyaknya.ini diperintahkan dalam Qs  An Nuur : 36

فِى بُيُوتٍ اَذِنَ اللّٰهُ اَن تُرْفَعَ وَيُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهٗ يُسَبِّحُ لَهٗ فِيهَا بِالْغُدُوِّ وَالْاٰصَالِ

Bertasbih kepada Allah di rumah rumah/masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan (diagungkan/dibesarkan) dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang,

Firman Allah diatas lebih menekankan lagi makna MENGUATKAN DAN MEMBESARKAN AGAMA ALLAH ITU DENGAN BERDZIKIR DAN BERTASBIH DIRUMAH RUMAH ATAU DI MASJID MASJID.

Selanjutnya Allah jelaskan kembali dalam lanjutanya di  Qs Alfath 10. bahwa orang yang beriman kepada Allah dan Rasul nya. dengan mengucapkan kalimat saksi yaitu Laailaahaillaallaah itu sesungguhnya Berjanji kepada Allah.untuk mau Beriman kepada Allah dan Rasulnya kemudian Hijrah menguatkan Agama Allah dan berjihad dijalan Allah. ini kemudian di contohkan . dalam Qs Alfath 10. bagaimana umat nabi Muhammad saw melaksanakan Baiat Ridwan di Hudaibiyah untuk Menguatkan Keimanan nya mau Berjihad Kepada Allah bersama Rasulullah Saw mau melaksanakan Umrah pada thn ke. 6 Hijriyah yang saat itu Mekah sedang dikuasai oleh Kafir Quraisy dan Nabi akan diancam dibunuh jika mau datang ke. kota Mekah. maka dilaksanakan Baiat Ridwan di Hudaibiyah untuk menguatkan keimanan berjihad menghadapi kaum kafir Quraisy yang akan menghalangi ibadah Umrah. ini dijelaskan lagi dalam Qs Al Afath 18.

Maka orang yang berjanji untuk menguatkan dan membesarkan agama Allah itu sesungguhnya berjanji kepada Allah tangan Allah ada diatas tangan mereka.maka barang siapa yang berjanji kepada Allah untuk berjihad mengorbankan harta dan dirinya maka oleh Allah akan di beli dengan pahala Syurga yg dijelaskan dalam Qs Attaubah 111. dan barangsiapa yang melanggar janji nya akan mendapatkan siksa Allah.

demikianlah Tadabbur Qs Alfath ayat 8.9.10. yang itinya Nabi diutus Allah membawa kalimat Tauhid LAAILAAHAILLAALLAAH AGAR UMAT MANUSIA BERIMAN KEPADA ALLAH DAN RASULNYA KEMUDIAN NABI MEMBAWA ALQURAN SEBAGAI KABAR GEMBIRA DAN PERINGATAN AGAR MANUSIA YANG BERIMAN MAU BERDZIKIR BERTASBIH KEPADA ALLAH MAU MENGUATKAN DAN MEMBESARKAN AGAMA ALLAH DENGAN BERHIJRAH DAN BERJIHAD DIJALAN ALLAH DAN BERBAIAT BERSUNGGUH SUNGGUH BERJANJI KEPADA ALLAH UNTUK MEMPERJUANGKAN AGAMA ALLAH OLEH ALLAH AKAN DIBERIKAN KEMENANGAN DAN SYURGA. AAMIIN YRA.

 Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (11) SEBELAS :
ORANG MUNAFIK TIDAK MAU BERJIHAD.

Tadabbur Qs Alfath  11.12.13.14.

Allah berfirman Qs.Al Fath : 11

سَيَقُولُ لَكَ الْمُخَلَّفُونَ مِنَ الْاَعْرَابِ شَغَلَتْنَآ اَمْوٰلُنَا وَاَهْلُونَا فَاسْتَغْفِرْ لَنَاۚ يَقُولُونَ بِاَلْسِنَتِهِم مَّا لَيْسَ فِى قُلُوبِهِمْۚ قُلْ فَمَن يَمْلِكُ لَكُم مِّنَ اللّٰهِ شَيْئًا اِنْ اَرَادَ بِكُمْ ضَرًّا اَوْ اَرَادَ بِكُمْ نَفْعًۢاۚ بَلْ كَانَ اللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًۢا

Orang-orang Badwi yang tertinggal (tidak turut ke Hudaibiyah) akan mengatakan: “Harta dan keluarga kami telah merintangi kami, maka mohonkanlah ampunan untuk kami”, mereka mengucapkan dengan lidahnya apa yang tidak ada dalam hatinya. Katakanlah: “Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah jika Dia menghendaki kemudharatan bagimu atau jika Dia menghendaki manfaat bagimu. Sebenarnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Firman Allah diatas menjelaskan bagaimana sifat orang munafik yang minta ijin untuk tidak berjihad (yaitu Orang-orang Badui yang ada madinah tidak mau ikut berjihad melaksanakan Umrah ke Mekah pada tahun perjanjian Hudaibiah karena merasa takut orang-orang Quraisy nanti akan membunuhnya).

Orang munafik mencari cari alasan untuk tidak berjihad dengan mengatakan Harta dan keluarga nya yang menghalangi sehingga  tidak dapat keluar untuk berangkat berjihad. Maka orang munafik meminta kepada Nabi Muhammad Saw untuk memohonkan ampunan kepada Allah, karena tidak dapat ikut keluar berjihad padahal sesungguhnya  mereka adalah orang-orang yang berdusta di dalam alasannya.karena sesungguhnya mereka itu takut mati atau menjadi sengsara karena ikut berjihad.

Maka Allah menyatakan tidak ada seorang pun yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah jika Dia menghendaki kemudaratan bagi kalian atau jika Dia menghendaki manfaat bagi kalian. Sebenarnya Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan.

Penjelasan diatas menunjukan apabila orang munafik tidak mau berjihad dengan mencari cari alasan bahwa harta dan keluarganya yg menyebabkan sibuk atau merintangi untuk pergi berjihad. maka Allah menyampaikan di ayat lain Qs Attaubah ayat 44.45.Hanya orang yang tidak beriman yang meminta ijin untuk tidak berjihad padahal tidak ada Uzur alasan yg kuat untuk tidak berjihad. maka orang munafik yang meminta ijin untuk tidak berjihad oleh Allah disebutkan sama dengan orang yg tidak  beriman.

Allah mengijinkan orang beriman tidak berjihad dan tidak berdosa tidak pergi berjihad karena Lemah.sakit .miskin dan tidak punya kendaran untuk pergi berjihad dijelaskan Qs Attaubah 91.92. kemudian dijelaskan lagi Qs.Alfath 17. orang yang buta.pincang.dan sakit dan juga sijelaskan lagi di Qs Attaubah 122. diijinkan oleh Allah tidak berjihad berperang orang yang sedang memperdalam dan mengajarkan ilmu Allah  agar tetap ada yg memberi peringatan kepada umat manusia.

Selain alasan diatas yg diijinkan untuk tidak berjihad. maka orang mukmin yang memiliki harta tidak ada alasan untuk tidak pergi berjihad.

Sesungguhnya orang munafik tidak pergi berjihad bukan karena harta dan keluarganya yang merintanginya tapi sesungguhnya orang munafik tidak berjihad karena menyangka orang mukmin yang pergi berjihad bersama Rasul akan menghadapi kematian dan kesengsaraan.

ini dijelaskan lagi oleh Allah qs Alfath ayat 12

بَلْ ظَنَنتُمْ اَن لَّن يَنقَلِبَ الرَّسُولُ وَالْمُؤْمِنُونَ اِلٰٓى اَهْلِيهِمْ اَبَدًا وَزُيِّنَ ذٰلِكَ فِى قُلُوبِكُمْ وَظَنَنتُمْ ظَنَّ السَّوْءِ وَكُنتُمْ قَوْمًۢا بُورًا

Tetapi kamu menyangka bahwa Rasul dan orang-orang mukmin tidak sekali-kali akan kembali kepada keluarga mereka selama-lamanya dan syaitan telah menjadikan kamu memandang baik dalam hatimu persangkaan itu, dan kamu telah menyangka dengan sangkaan yang buruk dan kamu menjadi kaum yang binasa.

Orang munafik menyangka dengan sangkaan-sangkaan  yang buruk  yakni orang mukmin dan Nabi Saw.yang ikut berjihad akan binas.

hal ini dijelaskan lagi oleh Allah Qs Al Anfal 5.6.

Bahwa orang munafik disebut juga orang tidak beriman tidak mau berjihad karena menyangka akan menghadapi kematian. padahal Allah menyuruh berjihad itu karena ingin memberi kemenangan. dijelaskan lagi di Qs Alanfal 7.8. bahwa Allah menyuruh berjihad berperang melawan orang kafir yang kuat agar Allah menetapkan yang Haq ( benar) dan membatalkan atau mengalahkan yang batil.

Maka bagi mereka Orang munafik yang tidak mau berjihad mereka berarti Tidak beriman kapada Allah dan Rasul nya sehingga Orang munafik akan disiksa bersama orang kafir di neraka. ini dijelaskan dalam Qs. Al Fath : 13

وَمَن لَّمْ يُؤْمِنۢ بِاللّٰهِ وَرَسُولِهٖ فَاِنَّآ اَعْتَدْنَا لِلْكٰفِرِينَ سَعِيرًا

Dan barangsiapa yang tidak beriman kepada Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya Kami menyediakan untuk orang-orang yang kafir neraka yang bernyala-nyala.

Allah menyatakan orang munafik itu termasuk orang tidak beriman maka sama dengan orang kafir akan disika  di neraka jahanam kekal abadi seperti dijelaskan dalam Qs. Attaubah 68. dan orang munafik akan disiksa di neraka yang paling bawah Qs An Nisa 145.

Tetapi Allah pun menyampaiakan bahwa Allah dapat memberikan ampunan kepada siapa yg dikehendaki  hal ini dijelaskan dalam qs Alfath 14.

وَلِلّٰهِ مُلْكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ يَغْفِرُ لِمَن يَشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَن يَشَآءُۚ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

Dan hanya kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi. Dia memberikan ampun kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan mengazab siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Firman Allah diatas memberikan penjelasan kepada orang Munafik Allah bisa memberikan Ampunan dan tidak akan mengadzab orang munafik apabila MAU BERTOBAT. MENGADAKAN PERBAIKAN.BERPEGANG TEGUH KEPADA AGAMA ALLAH. TULUS DAN IKHLAS BERIBADAH KEPADA ALLAH.maka oleh Allah akan diberikan ampunan dan memberikan syurga.hal ini dijelaskan dalam Qs An Nisaa 145.146.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (12) SEBELAS :
ORANG MUNAFIK INGIN HARTA BUKAN JIHAD

Tadabbur Qs Alfah 15.16.17.

Allah berfirman Qs Alfath 15.

سَيَقُولُ الْمُخَلَّفُونَ اِذَا انطَلَقْتُمْ اِلٰى مَغَانِمَ لِتَأْخُذُوهَا ذَرُونَا نَتَّبِعْكُمْۖ يُرِيدُونَ اَن يُبَدِّلُوا كَلٰمَ اللّٰهِۚ قُل لَّن تَتَّبِعُونَا كَذٰلِكُمْ قَالَ اللّٰهُ مِن قَبْلُۖ فَسَيَقُولُونَ بَلْ تَحْسُدُونَنَاۚ بَلْ كَانُوا لَا يَفْقَهُونَ اِلَّا قَلِيلًا

Orang-orang Badwi yang tertinggal itu akan berkata apabila kamu berangkat untuk mengambil barang rampasan: “Biarkanlah kami, niscaya kami mengikuti kamu”, mereka hendak merubah janji Allah. Katakanlah: “Kamu sekali-kali tidak (boleh) mengikuti kami, demikian Allah telah menetapkan sebelumnya”, mereka akan mengatakan: “Sebenarnya kamu dengki kepada kami”. Bahkan mereka tidak mengerti melainkan sedikit sekali.

Firman Allah diatas menjelaskan bagaimana orang munafik dari suku badwi dimadinah yang begitu besar kemunafikanya. yaitu ketika nabi mau umrah ke kota mekah pada tahun 6 hijrah. lalu nabi berhenti dulu di hudaibiyah. maka orang badwi di madinah tidak mau ikut bersama dengan Nabi Saw untuk berjihad melaksanakn umrah dan menghadapi kafir quraisy. karena orang badwi  takut mati dibunuh oleh kafir quraisy yang saat itu menduduki kota mekah. tapi kemudian Allah memberikan kemenangan kepada Nabi Saw. melalui perjanjian Hudaibiyah yang intinya perjanjian damai selama 10 tahn dgn kafir quraisy. dan orang Kafir mekah mengijinkan Nabi pergi Umrah tahun depannya dengan aman.

Maka kemudian rombongan Nabi Saw. sebanyak kurang lebih 1400 orang kembali lagi dari hudaibiyah ke Madinah. tapi kemudian tidak terlalu lamu baru satu minggu di madinah Kafir Yahudi yang ada di Khaibar mengajak berperang. maka Nabi Saw. kemudian mengajak seluruh pengikutnya kurang lebih 1400 orang berangkat berperang ke khaibar. Ketika Nabi pergi ke Khaibar orang munafik ingin ikut berperang karena tau di khaibar itu banyak harta rampasan perang yang bisa diambil.maka nabi atas perintah Allah melarang oramg munafik badwi untuk ikut berperang ke. Khaibar.

hal ini dijelaskan lagi oleh Allah dalam Qs Attaubah 83.melarang mengajak Munafikin Orang Badwi untuk ikut berperang. karena sebelumnya sudah terbukti kemunafikanya. ketika jihad ke. Hudaibiyah yang pertama kali tidak mau ikut. maka ketika yang kedua kali dilarang ikut berjihad karena Allah tau orang badwi hanya ingin Harta Rampasan perang yang banyak yang bisa diambil di Khaibar.

Ini Hikmah nya maka terhadap orang Munafik harus tegas kalau sudah terlihat ada kemunafikan harus segera ditindak.

Selanjutnya Orang Munafik Badwi setelah mengetahui bahwa mereka tidak bisa ikut bersama Nabi Saw. ke. Khaibar maka orang Munafik Badwi menuduh Nabi Saw dan pengikutnya dengki tidak mengajak ikut ke. Khaibar karena tidak mau membagikan harta rampasan perang. maka kemudian Allah menyuruh kepada Nabi Saw untuk membuktikan kesetian mereka orang badwi diajak kesangupanya untuk berperang melawan kafir yang lebih kuat lagi (seperti Kaum Romawi). tapi mereka ternyata tidak mau ini dijelaskan dalam qs Alfath 16.

قُل لِّلْمُخَلَّفِينَ مِنَ الْاَعْرَابِ سَتُدْعَوْنَ اِلٰى قَوْمٍ اُولِى بَأْسٍ شَدِيدٍ تُقٰتِلُونَهُمْ اَوْ يُسْلِمُونَۖ فَاِن تُطِيعُوا يُؤْتِكُمُ اللّٰهُ اَجْرًا حَسَنًاۖ وَاِن تَتَوَلَّوْا كَمَا تَوَلَّيْتُم مِّن قَبْلُ يُعَذِّبْكُمْ عَذَابًا اَلِيمًا

Katakanlah kepada orang-orang Badwi yang tertinggal: “Kamu akan diajak untuk (memerangi) kaum yang mempunyai kekuatan yang besar, kamu akan memerangi mereka atau mereka menyerah (masuk Islam). Maka jika kamu patuhi (ajakan itu) niscaya Allah akan memberikan kepadamu pahala yang baik dan jika kamu berpaling sebagaimana kamu telah berpaling sebelumnya, niscaya Dia akan mengazab kamu dengan azab yang pedih”.

Firman Allah diatas menegaskan kalau orang munafik mau ikut berperang maka jangan ke khaibar untuk menguji kesetian dan keikhlasan dalam berJihad di Jalan Allah, maka orang munafik diajak beperang menghadapi kekuatan Kafir yg lebih kuat lagi.yaitu

menghadapi orang-orang Bani Hanifah yang menguasai tanah Yamamah, atau kerajaan Persia dan kerajaan Romawi .Tapi ternyata begitu besarnya kemunafikan orang Badwi. seperti yg dijelaskan dalam Qs Attaubah 97.

bahwa orang badwi itu begitu kuatnya kemunafikanya.

mereka mau ikut berperang karena ingin harta rampasan perang tapi kalau melawan kafir yg kuat mereka tidak mau ikut. padahal untuk menguji keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah. maka Allah menyuruh kita mau berjihad berperang melawan kekuatan kafir yg besar agar Allah berikan kemenangan kepada orang beriman. Hal ini dijelaskan dalam Qs Al Anfal 7.8 : Allah menyruh orang beriman mau menghadapi kekuatan kafir yang besar karena sesungguhnya Allah akan menolong orang beriman . karena kemenangan itu datang nya dari Allah. Maka sudah terbukti ke Munafikan Orang Badwi mekah.  Mereka sesungguhnya ingin ikut berperang ke. Khaibar hanya untuk mengambil Harta Rampasan Perang bukan untuk berjihad membela agama Allah.  Maka orang munafik tsbt dilarang ikut lagi berjihad. Kecuali Allah sampaikan diperbolehkan tidak berjihad dan tidak berdosa tidak ikut Jihad  dengan Alasan yg dijelaskan dalam Qs Alfath 17.

لَيْسَ عَلَى الْاَعْمٰى حَرَجٌ وَلَا عَلَى الْاَعْرَجِ حَرَجٌ وَلَا عَلَى الْمَرِيضِ حَرَجٌۗ وَمَن يُطِعِ اللّٰهَ وَرَسُولَهٗ يُدْخِلْهُ جَنّٰتٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۖ وَمَن يَتَوَلَّ يُعَذِّبْهُ عَذَابًا اَلِيمًا

Tiada dosa atas orang-orang yang buta dan atas orang yang pincang dan atas orang yang sakit (apabila tidak ikut berperang). Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan barang siapa yang berpaling niscaya akan diazab-Nya dengan azab yang pedih.

Firman Allah diatas menjelaskan tiada dosa atas orang-orang yang buta dan atas orang yang pincang dan atas orang yang sakit) apabila tidak ikut berjihad. selanjut nya dijelaskan lagi di Qs Attaubah 91.122.

Tidak berdosa tidak ikut jihad bagi mereka yang Lemah ( anak anak.wanita.orang tua renta)  yang sakit. orang sangat miskin. dan orang yang sedang belajar ilmu agama dan mengajarkan ilmu agama agar tetap ada yang memberikan peringatan kepada manusia.

Bedasarkan uraian diatas maka sangat jelas bahwa orang munafik itu sesungguh jika mau ikut berjihad karena ingin mendapatkan Harta. bukan karena ingin memperjuangkan Agama Allah.

Semoga kita TIDAK MENJADI MANUSIA MUNAFIK HANYA HARTA YANG DICARI TAPI KITA BISA MENJADI  MUKMIN YANG MAU BERHIJRAH DAN BERJIHAD DIJALAN ALLAH. AAMIIN YRA.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (13) TIGA BELAS :
BAI’AT BERJIHAD MENDAPATKAN KEMENANGAN.

Tadabbur Qs Alfath 18.19 21.22.23.

Allah berfirman Qs Alfath 18.

لَقَدْ رَضِىَ اللّٰهُ عَنِ الْمُؤْمِنِينَ اِذْ يُبَايِعُونَكَ تَحْتَ الشَّجَرَةِ فَعَلِمَ مَا فِى قُلُوبِهِمْ فَاَنزَلَ السَّكِينَةَ عَلَيْهِمْ وَاَثٰبَهُمْ فَتْحًا قَرِيبًا

Sesungguhnya Allah telah ridha terhadap orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu di bawah pohon, maka Allah mengetahui apa yang ada dalam hati mereka lalu menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat (waktunya).

Firman Allah ini menjelaskan Sesungguhnya Allah telah rida terhadap orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu di Hudaibiyah (di bawah pohon) yaitu pohon Samurah,karena Baiat mereka itu adalah baiat mau berjihad siap mengorbankan harta dan dirinya/ nyawanya untuk menghadapi Kafir Quraisy di kota Mekah. Baiat ini di ridlai oleh Allah karena Baiat ini merupakan gambaran Jual Beli dengan Allah. dimana orang mukmin menjual harta dan dirinya lalu oleh Allah dibeli dgn Syurga dan kemenangan yang agung ini dijelaskan oleh Allah swt. dalam Qs Attaubah 111.

maka baiat ini sesungguhnya bukan berjanji kepada Nabi Muhammad tapi sesungguhnya berjanji kepada Allah tangan Allah ada diatas tangan mereka maka Allah ridla terhadap baiat ini  yang dijelaskan kembali oleh Allah di Qs Alfath 10.

Orang yang melaksanakan Baiat ini di hudaibiyah  kurang lebih ada 1400 orang mereka berbaiat kepada Nabi saw. yaitu hendaknya mereka saling bahu-membahu melawan orang-orang Quraisy dan janganlah mereka lari karena takut mati. makaAllah mengetahui (apa yang ada dalam hati mereka) yaitu kejujuran dan kesetiaan mereka (lalu menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat waktunya) yaitu takluknya tanah Khaibar sesudah mereka kembali dari Hudaibiyah.

Baiat yg dilakukan di Hudaibiyah tentu saat ini harus kita laksanakan di era kita kepada Imam jamah ulama kita agar kita terus mengobarkan semangat jihad membela agama Allah.

dengan melaksanakan Baiat ini yang kemudian dikenal dengan nama baiat Ridwan menyebabkan orang kafir quraisy ketakutan kemudian mereka melaksanakan perjanjian damai yang dikenal dengan perjanjian Hudaibiyah. dari perjanjian ini kemudian menyebabkan Allah memberikan  kemenangan yang lainya yaitu kemenangan Khaibar bisa menaklukan Kafir Yahudi di Khaibar. dan mendapatkan harta rampasan perang yang banyak. ini dijelaskan dalam Qs Al anfal 19.20.

 Al Fath : 19

وَمَغَانِمَ كَثِيرَةً يَأْخُذُونَهَاۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَزِيزًا حَكِيمًا

Serta harta rampasan yang banyak yang dapat mereka ambil. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Al Fath : 20

وَعَدَكُمُ اللّٰهُ مَغَانِمَ كَثِيرَةً تَأْخُذُونَهَا فَعَجَّلَ لَكُمْ هٰذِهٖ وَكَفَّ اَيْدِىَ النَّاسِ عَنكُمْ وَلِتَكُونَ اٰيَةً لِّلْمُؤْمِنِينَ وَيَهْدِيَكُمْ صِرٰطًا مُّسْتَقِيمًا

Allah menjanjikan kepada kamu harta rampasan yang banyak yang dapat kamu ambil, maka disegerakan-Nya harta rampasan ini untukmu dan Dia menahan tangan manusia dari (membinasakan)mu (agar kamu mensyukuri-Nya) dan agar hal itu menjadi bukti bagi orang-orang mukmin dan agar Dia menunjuki kamu kepada jalan yang lurus.

Firman Allah tersebut menjelaskan setelah perjanjian damai Hudaibiyah antara Nabi Saw dan Kafir Quraisy maka Nabi kembali lagi ke Madinah. dan ternyata setelah seminggu di Madinah Kafir Yahudi di Khaibar menantang berperang maka kemudian Nabi Saw. membawa umatnya yang baru datang dari Khaibar sebanyak 1400 orang berangkat berjihad ke. khaibar dan Kafir Yahudi di Khaibar ditaklukan karena mereka menjadi lemah tidak mendapat bantuan dari Kafir Quaraisy yang sudah dikalahkan oleh Allah dengan adanya perjanjian Hudaibiyah.

Kemenangan ini menyebakan Nabi mendapatkan harta rampasan yang banyak. dan ini boleh diambil atau halal dimakan harta rampasan perang ini seperti disampaikan oleh dalam Qs Al Anfal.69.

dengan ditaklukanya Khaibar ini maka Kekuatan Nabi Saw semakin besar. nabi mendapatkan harta rampasan perang suatu modal untuk membangun kejayaan islam dan yang terpenting kaum kafirin yang ada diwilayah lainya menjadi ketakutan. sehingga beberapa wilayah kafirin yang ada di luar madinah menyerah kepada Nabi Saw. menyebabkan Nabi Saw mendapatkan wilayah daerah kekuasan yang lebih besar lagi. ini dijelaskan dalam Qs Alfath 21.

وَاُخْرٰى لَمْ تَقْدِرُوا عَلَيْهَا قَدْ اَحَاطَ اللّٰهُ بِهَاۚ وَكَانَ اللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرًا

Dan (telah menjanjikan pula kemenangan-kemenangan) yang lain (atas negeri-negeri) yang kamu belum dapat menguasainya yang sungguh Allah telah menentukan-Nya. Dan adalah Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Dengan kemenangan di perang Khaibar dan sebelumnya kemenangan dengan perjanjian damai di hudaibiyah. maka kekuatan Nabi Saw menjadi sangat besar dan ditakuti oleh kaum kafir yang ada di luar wilayah Madinah. mereka kemudian menyerah dan tunduk serta takluk dibawah kekuasaan Nabi Saw. tampa berperang menyerahkan harta dan kekuasaan sebagai FAI dan ini dejelaskan oleh Allah dalam Qs Al Hasyr 6.7.

Bagaimana Allah menundukan Kaum Kafir. tanpa berperang sehingga mereka tunduk kalah, hatinya dilemahkan oleh Allah. mau menyerahkan harta dan daerah kekuasaanya kepada Nabi Saw.

maka kemudian Allah menjanjikan kembali bahwa setelah berhasil merebut daerah daerah kekuasan tersebut Allah jamin akan menjaga dan melindungi kekuatan Nabi Saw. hal ini dijelaskan dalam Qs Alfath. 22

وَلَوْ قٰتَلَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوَلَّوُا الْاَدْبٰرَ ثُمَّ لَا يَجِدُونَ وَلِيًّا وَلَا نَصِيرًا

Dan sekiranya orang-orang kafir itu memerangi kamu pastilah mereka berbalik melarikan diri ke belakang (kalah) kemudian mereka tiada memperoleh pelindung dan tidak (pula) penolong.

Allah menjamin jika orang kafir berani menyerang kembali maka mereka orang kafir akan kalah dan melarikan diri. karena sesungguhnya apabila kita mau berjihad membela agama Allah maka yang berperang itu Allah bukan kita. Allah lah yang mengalahkan orang kafir. ini dijelaskan dalam Qs Al Anfal 17.18.

Ini lah yang disebut karunia dari Allah apabila akan berjihad membela Agama Allah maka Allah jamin akan memberikan kemenangan.

Maka kemenangan dengan melaksanakan Bait di hudaibiyah. sehingga orangbkafir quraisy jadi lemah. dan kemudian kafir di Khaibar ditundukan sehingga wilayah kafir lainya tunduk kepada Nabi Saw. maka kejadian ini merupakan Sunnatullah atau kepastian hukum Allah yang berlaku sejak jaman para Nabi dan akan berlaku sampai sekarang. selama kita mau berjihad di jalan Allah. ini dijelaskan dalam Qs Alfath 23

سُنَّةَ اللّٰهِ الَّتِى قَدْ خَلَتْ مِن قَبْلُۖ وَلَن تَجِدَ لِسُنَّةِ اللّٰهِ تَبْدِيلًا

Sebagai suatu sunnatullah yang telah berlaku sejak dahulu, kamu sekali-kali tiada akan menemukan perubahan bagi sunnatullah itu.

Inilah kepastian hukum Allah. apabila kita mau berjihad dijalan Allah oleh Allah akan diberikan kemenangan  ini kemudian dipastikan kembali oleh Allah bahwa apabila orang kafir menyerang umat islam dan umat islam mau berjihad dipastikan akan dapat kemenangan. ini dijelaskan dalam Qs Al Anfal.19.

kemenangan ini hikmah atau pelajaran dari pelaksanaan Baiat untuk berjihad dan melaksanakan Jihad ditemoat hijrah nya  yg dibuktikan dalam sejarah baiat di Hudaibiyah. dan tentunya harus kita lakukan di era saat ini agar kita mendapatkan  kemenangan. maka baiat untuk hijrah hidup dalam jamaah dan berjihad dijalan Allah adalah kunci kemenangan Umat Islam. sehingga Allah jelaskan dalam qs Al Anfal 72.

bahwa orang yang beriman harus mau berhijrah dan berjihad dengan harta dan diri kita dijalan Allah. agar kita umat islam mendapatkan kemenangan yang agung dari Allah swt. Aamiin yra.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (14) TIGA BELAS :
KEMENANGAN DENGAN KALIMAT TAQWA/DZIKIR

Tadabbur Qs Alfath.24.25.26.

Al Fath : 24

وَهُوَ الَّذِى كَفَّ اَيْدِيَهُمْ عَنكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ عَنْهُم بِبَطْنِ مَكَّةَ مِنۢ بَعْدِ اَنْ اَظْفَرَكُمْ عَلَيْهِمْۚ وَكَانَ اللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرًا

Dan Dialah yang menahan tangan mereka dari (membinasakan) kamu dan (menahan) tangan kamu dari (membinasakan) mereka di tengah kota Mekah sesudah Allah memenangkan kamu atas mereka, dan adalah Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

Firman Allah ini menjelaskan bagaiaman Allah memberikan Kemenangan ke pada Nabi Muhammad Saw dengan damai. ketika di Hudaibiyah dengan perjanjian kesepakatan damai antara kaum muslimin dan Kafir Quraisy mekah. maka Nabi bisa pergi umrah dengan damai satu tahun kemudian. dan bisa mengalahkan Kafir Yahudi di Khaibar karena tidak ada dukungan dari Kafir Qurasy.

Namun sesuangguhnya ketika Nabi Saw. di hudaibiyah ini kaum Kafir Quraisy hendak membunuh Nabi ada kurang lebih delapan puluh orang lelaki dari kalangan Kafir Quraisy mengelilingi perkemahan Nabi Saw. dengan tujuan untuk menyergap Nabi Saw, tetapi akhirnya mereka dapat dilumpuhkan dan mereka dihadapkan kepada Rasulullah saw. maka ia memberi maaf kepada mereka lalu dilepaskannya mereka dengan bebas.

Hal ini merupakan penyebab adanya perjanjian gencatan senjata perjanjian Damai Hudaibiyah.dimana Allah menahan tangan orang Kafir membunuh Nabi Saw.dan Umatnya dan juga menahan Umat islam membunuh kaum kafir. yang akibatnya terjadi perjanjian Hudaibiyah yang memberikan kemenangan kepada Umat Islam.

hal ini dijelaskan lagi oleh Allah dalam Qs Almaidah 11

يٰٓاَيُّهَا الَّذِينَ اٰمَنُوا اذْكُرُوا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ هَمَّ قَوْمٌ اَن يَبْسُطُوٓا اِلَيْكُمْ اَيْدِيَهُمْ فَكَفَّ اَيْدِيَهُمْ عَنكُمْۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَۚ وَعَلَى اللّٰهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

Hai orang-orang yang beriman, ingatlah kamu akan nikmat Allah (yang diberikan-Nya) kepadamu, di waktu suatu kaum bermaksud hendak menggerakkan tangannya kepadamu (untuk berbuat jahat), maka Allah menahan tangan mereka dari kamu. Dan bertakwalah kepada Allah, dan hanya kepada Allah sajalah orang-orang mukmin itu harus bertawakkal.

Allah mengingatkan dan memerintah kepada Orang orang yang beriman atas nikmat Allah yg telah diberikan kepada umat Nabi Muhammad Saw. ketika kaum Kafir  (yakni orang-orang Quraisy) hendak  mencelakakanmu ,maka ditahan-Nya oleh Allah tangan orang kafir dan dilindungi-Nya oleh Allah orang beriman dari maksud jahat orang kafir.

Maka kita semua orang beriman di haruskan mensyukuri nikmat Allah itu dengan selalu bertakwa kepada Allah. Maka Allah akan selalu menjaga. melindungi dan memberikan kemenangan kepada Orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah yaitu Orang beriman yang mau berbaiat untuk hijrah kedalam jamaah islam dan ber jihad dijalan Allah dengan harta dan dirinya dijamin akan mendapatkan kemenangan dari Allah.

Kemenangan dari Allah dengan adanya Baiat Ridwan di hudaibiyah  dijelaskan Qs Alfath 18.

Ayat ini yg wajib kita ambil pelajaran agar kita mau ber baiat untuk mau berjihad dijalan Allah sehingga Allah memberikan kemenangan kepad Umat islam seperti yg terjadi di era Nabi Muhammad Saw. dengan kemenangan merebut kota Mekah dari Kaum kafir Quraisy. yang sesungguh nya Kafir Quraisy ini melarang Nabi Saw. untuk memasuki kota Mekah. bahkan akan membunuh Nabi Saw dan Umatnya apabila mau memasuki kota mekah. hal ini dijelaskan dalam Qs Alfath 25

Allah SWT berfirman:

هُمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَصَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَـرَامِ وَالْهَدْيَ مَعْكُوْفًا اَنْ يَّبْلُغَ مَحِلَّهٗ   ۗ  وَلَوْلَا رِجَالٌ مُّؤْمِنُوْنَ وَنِسَآءٌ مُّؤْمِنٰتٌ لَّمْ تَعْلَمُوْهُمْ اَنْ تَطَئُوْ هُمْ فَتُصِيْبَكُمْ مِّنْهُمْ مَّعَرَّةٌ  ۢ بِغَيْرِ عِلْمٍ  ۚ   لِيُدْخِلَ اللّٰهُ فِيْ رَحْمَتِهٖ مَنْ يَّشَآءُ   ۚ  لَوْ تَزَيَّلُوْا لَعَذَّبْنَا الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْهُمْ عَذَابًا اَ لِيْمًا

“Merekalah orang-orang kafir yang menghalang-halangi kamu (masuk) Masjidil haram dan menghambat hewan-hewan kurban sampai ke tempat (penyembelihan)nya. Dan kalau bukanlah karena ada beberapa orang beriman laki-laki dan perempuan yang tidak kamu ketahui, tentulah kamu akan membunuh mereka yang menyebabkan kamu ditimpa kesulitan tanpa kamu sadari; karena Allah hendak memasukkan siapa yang Dia kehendaki ke dalam rahmat-Nya. Sekiranya mereka terpisah, tentu Kami akan mengazab orang-orang yang kafir di antara mereka dengan azab yang pedih.”

Firman Allah ini menjelaskan sesungguhnya orang Kafir itu selalu menghalangi Nabi Saw. untuk bisa beribadah di Mekah. menghalangi untuk bisa Haji dan Umrah. tapi Allah memberikan kemenangan melalui Perjanjian Hudaibiyah yang menyebakan kemenangan Khaibar dan kemudian kemenangan di Futuh Mekah merebut kembali Kota Mekah dari Kafir Quraisy.

Kemenangan merebut kota Mekah Alhamdulilah tanpa adanya pertumpahan darah karena Allah menahan kaum Muslimin untuk membunuh kafir di kota mekah dan juga menahan orang Kafir Mekah membunuh Kaum Muslimin di kota Mekah. dan ternyata salah satu penyebab utamanya kenapa Allah menjadikan kemenangan di kota mekah tanpa adanya pertumpahan darah atau menang merebut kota mekah tanpa peperangan. salah satu penyebabnya karena di kota Mekah masih ada orang beriman yang shaleh yang menyembunyikan ke imanan mereka diantara orang kafir yang banyak berdoa dan memohon ampunan kepada Allah sehingga Allah tidak mengadzab orang kafir yang ada di mekah karena khawatir orang yang beriman yang ada diantara orang kafir bisa terbunuh sehingga oleh Allah dijaga dan dilindungi dengan tidak terjadi pertumpagan darah di kota mekah. dan diberikan kemenangan kepada umat islam tanpa peperangan. hal ini kemudian dijelaskan kembali dalam Qs.

 Qs Al Anfal 33 Allah SWT berfirman:

وَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَاَنْتَ  فِيْهِمْ ۗ  وَمَا كَانَ اللّٰهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ

“Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan.”

Allah telah menjelaskan dan menegaskan kenapa Allah tidak menghukum Orang kafir karena diantara orang kafir masih ada orang beriman yang shaleh. sehingga tidak turun Adzab dari Allah kepada orang kafir tersebut. ini yang menyebabkan tidak terjadi peperangan ketika merebut kota Mekah.

Padahal sesungguhnya orang kafir itu begitu Sombongnya merasa benar merasa hebat dan terus menerus berupaya keras ingin membunuh Nabi Muahmmad Saw dan Umat muslim. tapi Nabi Saw dan pengikut nya Orang beriman begitu KUAT nya. TENANG dan SABAR serta Yakin ALLAH AKAN MEMBERIKAN KEMENANGAN.

sehingga orang KAFIR YANG SOMBONG yang menguasai kota Mekah yang bukan hak nya dikuasai oleh mereka. dikalah kan oleh Allah dengan KETENANGAN, KEYAKINAN, KESABARAN DAN KEKUATAN ORANG ber Iman KEPADA ALLAH. maka oleh Allah diberikan kemenangan bisa merebut kota MEKAH SEBAGAI PUSAT PERIBADATAN UMAT ISLAM.

Kesombongan Orang Kafir bisa di Kalahkan oleh KETENANGAN DAN KEKUATAN ORANG BERIMAN ternyata KUNCI KEBERHASILAN YANG UTAMA adalah KARENA OLEH ALLAH DITURUNKAN KALIMAT TAQWA, Yaitu LAAILAAHAILLALLAAH. ini lah kalimat taqwa ILMU NYA mendapatkan KEMENANGAN. seperti yang dijelaskan dalam Qs Alfath 26.

Allah SWT berfirman:

اِذْ جَعَلَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فِيْ  قُلُوْبِهِمُ الْحَمِيَّةَ حَمِيَّةَ الْجَـاهِلِيَّةِ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَـتَهٗ  عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَعَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَاَلْزَمَهُمْ كَلِمَةَ التَّقْوٰى وَ كَانُوْۤا اَحَقَّ بِهَا وَاَهْلَهَا ۗ  وَكَانَ اللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا

“Ketika orang-orang yang kafir menanamkan kesombongan dalam hati mereka (yaitu) kesombongan jahiliah, maka Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mukmin, dan (Allah) mewajibkan kepada mereka tetap taat menjalankan kalimat takwa, dan mereka lebih berhak dengan itu dan patut memilikinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Firman Allah diatas adalah PENJELASAN yang Utama penyebab kemenangan Nabi Saw dan orang beriman merebut Kota Mekah tanpa peperangan. adalah karena Memilki Kalimat Taqwa yaitu Laailaahaillallaah. dalam tafsir Ibnu Katsir. Kalimat Taqwa itu adalah LAAILAAHAILLALLAAH. maka kalimat Taqwa ini yang menjadi Kalimat Saksi Kalimat yang meneguhkan dan menguatkan hati orang yang beriman.Qs Al Imran 18 kemudian dijelaskan dalam qs Ibrahim ayat 27. dengan kalimat ini orang beriman menjadi KUAT dan menjadi TENANG menghadapi kekuatan Kafir yang sangat besar. ini disebut juga kalimat Dzikir dalam Qs Arad 28.

Dengan kalimat Dzikir yaitu Laailaahaillallaah ini maka Qalbu orang yang beriman menjadi tenang tidak takut tidak khawatir karena yakin dengan istiqomah Dzikir mengucapkan kalaimat Laailaahaillallaah ini, Allah akan menurunkan tentara langit untuk menolong orang beriman sehingga bagi orang beriman tidak ada rasa takut dan khawatir, orang beriman yakin akan mendapatkan kemenangan ini dijelaskan dalam Qs Fushilat 30.31. Maka keistiqomahan dengan Kalimat Taqwa.atau Kalimat Dzikir, Orang yang beriman bisa mengalahkan Kesombongan orang Kafir Qurasyi.

MAKA KUNCI KEMENANGAN ORANG BERIMAN ADALAH KUAT HATI YAKIN KEPADA ALLAH DENGAN DZIKIR SEBANYAK BANYAKNYA. maka menggetarkan orang kafir sehingga mereka Tunduk Takluk Kalah tanpa berperang ini  dijelaskan lagi oleh Allah dalam qs Al Anfal ayat 45 Jika kita menghadapi musuh yang akan menyerang mu maka BERTEGUH HATILAH DENGAN BERDZIKIR SEBANYAK BANYAK NYA .

ini lah kekuatan umat islam dimana ALLAH telah menurunkan kalimat taqwa kalimat dzikir kepada seluruh nabi nabi yaitu kalimat Laailaahaillallah. seperti dijelaskan dala  Qs Al Ambiya ayat 25. bahwa seluruh nabi oleh Allah disuruh membawa kalimat Laailaahaillallaah dan beribadah kepada Allah. agar kemudian Allah memberikan kemenangan dengan kalimat Dzikir atau  Kalimat Taqwa ini Maka Kalimat Taqwa dan Kalimat Dzikir ini Wajib kita miliki dan dijadikan Kalimat Saksi Kalimat Baiat didepan Imam jamaah nya Ulamanya Agar kita bisa mendapatkan kemenangan dari Allah.

Berdasarkan uraian diatas maka kita bisa mengambil kesimpulan. KEMENANGAN DARI ALLAH DIBERIKAN DENGAN BAIAT MENGUNAKAN KALIMAT TAQWA/DZIKIR.

Aamiin Yra.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (15) LIMA BELAS :
MIMPI NABI SAW TERBUKTI MENDAPATKAN KEMENANGAN DARI ALLAH.

Tadabbur Qs Alfath 27.28.

Allah SWT berfirman:Qs Alfath 27

لَـقَدْ صَدَقَ اللّٰهُ رَسُوْلَهُ الرُّءْيَا بِالْحَـقِّ  ۚ  لَـتَدْخُلُنَّ الْمَسْجِدَ  الْحَـرَامَ اِنْ شَآءَ اللّٰهُ اٰمِنِيْنَ ۙ  مُحَلِّقِيْنَ رُءُوْسَكُمْ وَمُقَصِّرِيْنَ ۙ   لَا تَخَافُوْنَ ۗ  فَعَلِمَ مَا لَمْ تَعْلَمُوْا فَجَعَلَ مِنْ دُوْنِ ذٰلِكَ فَتْحًا  قَرِيْبًا

“Sungguh, Allah akan membuktikan kepada Rasul-Nya tentang kebenaran mimpinya bahwa kamu pasti akan memasuki Masjidil haram, jika Allah menghendaki dalam keadaan aman, dengan menggunduli rambut kepala dan memendekkannya, sedang kamu tidak merasa takut. Maka Allah mengetahui apa yang tidak kamu ketahui, dan selain itu Dia telah memberikan kemenangan yang dekat.”

Nabi Muhammad Saw. menyampaikan kepada para sahabat nya di Madinah pada tahun 6 hijriah. bahwa Nabi Saw bermimpi akan bisa umrah ke mekah melaksanakan Thawaf dan Sai dengan aman. mimpi ini adalah suatu kebenaran yang mutlak dari  Allah Swt yang diberikan kepada Nabi Saw.seperti juga Allah sampaikan bahwa mimpi itu asalnya dari tidur dimana Ruh yang sedang tidur  dipegang oleh Allah disitulah Allah memberikan menyampaikan petunjuknya nya salah satu nya ketika Nabi Saw tidur melalui mimpinya  dan ketika bangun ruh itu dikembalikanya. Proses tidur sebagai petunjuk dari Allah  dijelaskan dalam Qs. Azzumar 42. Maka mimpi ini diyakini suatu kebenara yang pasti karena mimpi Nabi Saw  adalah petunjuk dari Allah.

Maka kemudian Nabi Saw dan semua pengikutnya.melaksanakan apa yang menjadi petunjuk dari mimpi tsbt. melaksanakn Umrah.

Berangkatlah kurang lebih sebanyak 1400 orang pengikut Nabi Saw.untuk melaksanakan Umrah. kemudian berhenti di Hudaibiyah. ternyata kaum Kafir Mekah menghalangi untuk bisa Umrah tahun itu (di tahun 6 H) maka terjadilah perjanjian Damai antara Nabi Saw. dengan kaum kafir yg disebut perjanjian Hudaibiya. yang inti isinya tahun ini tidak bisa umrah tapi diijinkan umrah tahun depanya yaitu tahun 7 Hijriah. dan disepakati gencatan senjata tidak berperang selama 10 tahun Sempat ada keraguan dari Para sahabat Nabi Saw. bahwa mimpinya tidak terbukti. karena waktu itu di tahun ke. 6 H  tidak bisa Umrah. maka nabi menyampaikan bahwa dalam mimpinya  umrah itu tidak menyebutkan tahun ini. tapi kemudian Allah membuktikan dengan berangkat Umrah aman dan menang umat isalm setahun kemudian di tahun 7 H.

Maka hikmah yang diambil janji Allah petunjuk Allah PASTI DAN MUTLAK KEBENARANYA maka jangan sampai kita ragu ragu sedikit pun terhadap Quran yang SUDAH PASTI MENJADI PETUNJUK NYATA BUAT ORANG YANG BERIMAN.

maka dengan kejadian bisa umrah ditahun 7 H. menjadi bukti nyata Kebenaran dari Nabi Saw. bahkan bertambah lagi keyakinanya dengan berangkat ke Hudaibiyah terjadi perjanjian damai Hudaibiyah yang menyebabkan  mendapatkan kemenangan merebut daerah Khaibar. mendapatkan harta rampasan perang yang banyak. dan bertambah daerah kekuasaanya. ini yang kemudian disampaikan di Qs Alfath ayat 19.20.21. Maka mimpi nabi ini menjadi kebenaran dari Nabi Saw. dan ini menjadi bukti adanya kemenangan Allah. karena dengan berangkat ke Hudaibiyah. menjadi Pintu pembuka Nabi Saw. Mendapatkan kemenangan dari Allah yang oleh Allah dijelaskan dalam Qs Alfath 28.

Allah SWT berfirman:

هُوَ الَّذِيْۤ اَرْسَلَ رَسُوْلَهٗ بِالْهُدٰى وَدِيْنِ الْحَـقِّ  لِيُظْهِرَهٗ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهٖ ۗ  وَكَفٰى بِاللّٰهِ شَهِيْدًا

“Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar, agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi.”

Firman Allah diatas menegaskan kembali bahwa Rasul Allah diutus oleh Allah membawa petunjuk itu adalah Alquran.ini dijelaskan dalam Qs Attaubah 33

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

 “Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al-Qur-an) dan agama yang haq (benar), untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukainya.”

 Maka Firman Allah ini mempertegas bahwa Nabi Saw diutus oleh Allah membawa petunjuk kepada kita semua Umatnya supaya kita mau menguatkan dan membesarkan agama Allah Agama Islam Agama yang benar. YANG DIJAMIN OLEH ALLAH MENDAPATKAN KEMENANGAN. maka Kemenangan yang sudah pasti yang dijamin oleh Allah adalah KEMENANGAN MEMPERJUANGKAN AGAMA ALLAH. ini juga yang dicontohkan oleh Nabi Saw dalam peristiwa Perjanjian Hudaibiyah.Perang Khaibar dan Futuh Mekah. sehingga kita Wajib juga mengikutinya agar kita mendapatkan kemenangan Aamiin Yra.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (16) ENAM BELAS :
CIRI MUKMIN PENGIKUT NABI MUHAMMAD SAW.

Tadabbur Qs Alfath 29.

Allah berfirman dalam Qs Alfath ayat 29

مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللّٰهِ  ۗ  وَالَّذِيْنَ مَعَهٗۤ اَشِدَّآءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَآءُ بَيْنَهُمْ  تَرٰٮهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَّبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانًا  ۖ  سِيْمَاهُمْ فِيْ وُجُوْهِهِمْ مِّنْ اَثَرِ السُّجُوْدِ  ۗ  ذٰلِكَ مَثَلُهُمْ فِى التَّوْرٰٮةِ   ۖ  وَمَثَلُهُمْ فِى الْاِنْجِيْلِ   ۚ  كَزَرْعٍ اَخْرَجَ شَطْئَـهٗ فَاٰزَرَهٗ فَاسْتَغْلَظَ فَاسْتَوٰى عَلٰى سُوْقِهٖ يُعْجِبُ الزُّرَّاعَ لِيَـغِيْظَ بِهِمُ الْكُفَّارَ  ۗ  وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ مِنْهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا

“Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu melihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya. Pada wajah mereka tampak tanda-tanda bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Taurat dan sifat-sifat mereka (yang diungkapkan) dalam Injil, yaitu seperti benih yang mengeluarkan tunasnya, kemudian tunas itu semakin kuat, lalu menjadi besar dan tegak lurus di atas batangnya, tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan di antara mereka, ampunan dan pahala yang besar.”

Firman Allah tersebut menjelaskan  bahwa Nabi Muhammad Saw.adalah utusan Allah, maka pengikut Nabi Saw. itu memiliki 6 CURI SIKAP DAN PRILAKU NYA yaitu :

  • Ciri pertama Mukmin pengikut Nabi Saw. adalah SIKAPNYA KERAS TERHADAP ORANG KAFIR.

hal ini di pertegas dengan perintah Allah kepada Orang beriman dalam Qs Al Maidah 54.  Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintainya yaitu kaum yang bersikap lemah lembut terhadap orang mukmin dan bersikap keras terhadap orang kafir.

Makna bersikap keras terhadap orang kafir ini dijelaskan oleh Allah dalam Qs At Taubah 123. yaitu Berjihad memerangi orang kafir. itu makna bersikap keras terhadap orang kafir. Tapi memerangi orang kafir sebagai wujud sikap keras itu dijelaskan  caranya oleh Allah dalam Qs Albaqarah 190. yaitu bersikap keras atau memerangi orang kafir itu  kepada orang kafir yang memerangi kita. Allah tidak menyukai orang yang melampaui batas. maksudnya jika orang kafir tidak memerangi orang beriman. dan tidak memusuhi orang beriman maka kita pun tidak boleh memerangi orang kafir. ini dijelaskan oleh Allah dalam Qs Albaqarah 193. Maka perintah Keras untuk memerangi atau berjihad terhadap orang kafir  adalah sesuai dengan apa yang diserang oleh orang kafir ini dijelaskan dalam Qs Albaqarah 194. Maka perintah Allah itu sangat jelas bersikap keras terhadap orang kafir itu maksudnya MEMERANGI ORANG KAFIR APABILA ORANG KAFIR MENYERANG ORANG MUKMIN. apabila orang kafir mengajak damai tidak menyerang orang beriman maka kita pun harus damai.

  • Ciri ke dua Orang beriman pengikut Nabi Saw adalah BERSIKAP BAIK TERHADAP SESAMANYA

ini dijelaskan oleh Allah dalam Qs Al Anfal 72. yaitu orang beriman bersikap baik kepada sesamanya itu maksudnya kepada orang beriman yang sudah hijrah kedalam jamaah islam untuk berjihad dengan harta dan dirinya memperjuangkan agama Allah. jadi MAKNA BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA MUSLIM ITU KEPADA ORANG BERIMAN YANG TELAH HIJRAH KEDALAM JAMAAH ISLAM UNTUK BERJIHAD  DIJALAN ALLAH.

  • Ciri ketiga Mukmin pengikut Nabi Saw. adalah orang mukmin TERLIHAT RUKU BERSAMA SAMA (SHALAT BERJAMAAH)

artinya melaksankan shalat berjamaah di Masjid.artinya adalah hidup nya selalu berjamaah Shalat berjamah dan mengelurakan Zakat.ini dijelaskan dalam Qs Albaqarah 43. Dirikanlah shalat tunaikan zakat dan rukulah bersama sama dengan orang yg ruku. ini maknanya Mukmin pengikut Nabi Saw. itu terlihat shalatnya berjamaah di masjid dalam jamaah islam.

  • Ciri keempat Mukmin pengikut Nabi Saw  adalah SUJUD MENCARI KARUNIA ALLAH DAN KERIDHAANYA

ini artinya dalam mencari karunia Allah selalu dimulai setelah melaksanakan shalat berjamaah dan selalu Berdzikir (ingat kepada Allah) dalam setiap mencari karunia Allah (usaha/ikhtiar), sehingga rizki yang diperoleh mendapat ridla Allah dan selalu beruntung. ini dijelaskan dalam Qs Al Jumah 10.

Maka setelah selesai shalat bertebaranlah di muka bumi , carilah karunia Allah dan berdzikirlah sebanyak banyaknya agar beruntung.

  • Ciri ke.Lima Mukmin pengikut Nabi Saw. TERLIHAT DARI BEKAS SUJUDNYA

ini artinya terlihat dari bukti shalat yg telah dilakukanya. yaitu SHALAT YANG DILAKUKANYA SECARA BERJAMAAH TERBUKTI MAMPU MENCEGAH PERBUATAN KEJI DAN MUNKAR ini dijelaskan dalam Qs.Al Ankabut 45. bahwa shalat mencegah dari perbuatan keji dan munkar  ini artinya terlihat dari bekas sujudnya. ini maknanya terlihat dari bekas Shalatnya AHLAK NYA BAIK TIDAK MELAKUKAN PERBUATAN KEJI DAN MUNKAR.  Makna yang lainya juga bisa diartikan Terlihat dari bekas sujudnya adalah terlihat Cahaya di raut wajahnya menjadi TENANG DAN DAMAI. ini maknaya dari penjelasan orang yang berdzikir hati nya tenang. Qs Arad 28. bahwa orang hatinya yang tenang itu rau wajahnya bercahaya dan damai. ini bisa diperoleh kalau shalatnya sambil Dzikir kepada Allah. dijelaskan dalam Qs Annisa 103. Sujud itu maknanya Shalatnya berdzikir kepada Allah. hatinya selalu ingat kepada Allah. ini bisa terilhat dari bekas sujudnya berarti ada ketenangan dalam hatinya (Qs Arad 28) karena Shalatnya sambil Dzikir. sehingga terlihat dengan Dzikir Cahaya atau Nur terpancar di raut wajahnya ini dijelaskan oleh Allah dalam Qs Azzumar 22. bahwa orang yang mendapatkan cahaya Allah akan berbeda dengan orang yang tertutup hatinya membantu karena tidak dzikir kepada Allah.

  • Ciri ke enam Mukmin pengikut Nabi Saw. SEPERTI TANAMAN YG KUAT

yaitu tanaman yang kuat yang mengeluarkan tunas nya, pohon itu besar rindang. sehingga menakutkan menjekelkan orang kafir. ini maknanya. Orang beriman pengikut Nabi Saw. Hati atau qalbu nya kuat keimananya kepada Allah seperti menanam pohon yang baik, akarnya menghujam kedasar bumi yaitu  qalbu nya KUAT KARENA SUKA DZIKIR KEPADA ALLAH (Qs Arad 28. Qs Al Anfal 2, Qs Ibrahim 27). dan kehidupan sosial budaya nya bagaikan pohon yang tinggi menjulang kelangit pohon nya rindang buah nya berbuah setiap musim, maknanya hidup dan kehidupanya kuat diatas syareat ajaran islam dan hidupnya berjamaah dalam JAMAAH ISLAM seperti diumpamakan dalam Qs Ibrahim 24.25.orang beriman bagaikan Pohon yang menjulang tinggi ke langit berbuah setiap musim. bahwa orang beriman Hati kuat berdzikir kepada Allah. hidup nya berjamah dalam syareat ajaran islam. dan selalu bermanfaat buat alam semesta seperti pohon yang berbuah setiap musim.

berdasarkan firman Allah ini  maka menjadi perintah kepada orang yang beriman agar hidup dalam jamaah islam jangan hidup sendiri sendiri. karena dengan hidup dalam jamaah islam. maka islam bisa kuat dan besar. ini dijelaskan oleh Allah dalam Qs Al Imran ayat 103.104.

Menyuruh mukmin untuk masuk dalam jamaah islam jangan hidup masing masing.dengan hidup dalam jamaah islam bisa menyerukan kebaikan yaitu ajaran Islam Alquran. mengajak berbuat baik sesuai dengan aturan Allah dan memcegah kepada kemunkaran.

Aamiin Yra.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE (17) ENAM BELAS :
KESIMPULAN TADABBUR QS ALFATH 29 AYAT.

Alhamdulillah setelah melaksanakan Kajian Tadabbur Alquran Surat Alfath, 29 Ayat selama 16 hari dibulan Ramadhan. maka pada Hari ke. 17 Ramadhan dapat di simpulkan sbb.

A. TEMA PEMBAHASAN QS ALFATH.TERDIRI DARI 8 TEMA

1).AYAT 1 SD 7

KEMENANGAN DARI ALLAH.

a).MUKMIN MENDAPATKAN 9 KEMENANGAN DARI ALLAH.  Kemenangan. yaitu. 1.diampuni dosa dahulu dan dosa akan datang.2.ditambah nikmat.3.diberi petunjuk dipimpin ke jalan lurus.4.diberi pertolongan yg kuat.5.diberi ketenangan dalam hati org mukmin. 6 .ditambah keimanan.7. diberi tentara langi dan bumi.8. dimasukan ke. syurga Allah. dan 9 .dihapuskan kesalahannya.

B).MUNAFIKIN.MUSYRIKIN DAN KAFIRIN AKAN DISIKSA DI NERAKA KEKAL ABADI.

2).AYAT 8.9 10.

BERJANJI/BAIAT UNTUK BERJIHAD DIJALAN ALLAH

Orang beriman Mau berbaiat menguatkan .membesarkan agama Allah serta bertasbih dan berdzikir kepada Allah.

3.AYAT 11 SD 14.

CIRI ORANG MUNAFIK TIDAK MAU BERJIHAD

4.AYAT 15.16.17

ORANG MUNAFIK INGIN HARTA BUKAN MAU BERJIHAD

5.AYAT 18 SD 23.

BAIT/JANJI BERJIHAD MENDAPATKAN KEMENANGAN.

6.AYAT 24.25.26

KEMENANGAN MUKMIN DENGAN KALIMAT TAQWA/DZIKIR

7.AYAT 27.27

MIMPI NABI SAW TERBUKTI MENDAPATKAN KEMENANGAN DARI ALLAH.

8).QS AYAT 29.

CIRI MUKMIN PENGIKUT NABI MUAHAMMAD SAW. 1.BERJIHAD/Keras terhadap orang kafir 2.Baik terhadap orang beriman.3.Shalat berjamaah di Masjid.4.Selalu Dzikir dalam mencari Karunia Allah

ada. 5.Terlihat dari bekas sujudnya. Raut mukanya tenang diliputi cahaya .6. Hidupnya berjamaah seperti Pohon Rindag yang kuat berbuah setiao musim.

B.SEJARAH YANG TERKANDUNG DALAM QS ALFATH.

1).BAIAT RIDWAN THN 6 H.

2).PERJANJIAN HUDAIBIYAH. THN 6 H.

3).PERANG KHAIBAR.THN 6 H

4).UMRAH AMAN PERTAMA KALI SETELAH HIJRAH. BUKTI NYATA DARI MIMPI NABI DI QS ALFATH 27.TERJADI THN 7 H.

5).FUTUH MEKAH.PENAKLUKAN KOTA MEKAH TERJADI THN.8 H.

Maa ashoobaka min hasanatin fa minalloh wa maaa ashoobaka min sayyi’atin fa min nafsik.

Wallahu a’lam bish shawabi.

DOWNLOAD MATERI

HARI KE 20
ITIKAF LAILATUL QADAR MENDAPATKAN KEMENANGAN DARI ALLAH.

Peristiwa yang terjadi di bulan ramadhan yang amat penting ada 4 Peristiwa yaitu :

  1. Nuzulul Quran Tgl 17 Ramadhan.turun pertama kali Qs Al Alaq ayat 1 sd 5. dan kemudian di jelaskan di Qs Albaqarah 185. Ini yang menyebakan BULAN RAMADHAN DISEBUT JUGA BULAN QURAN.
  2. Lailatul Qadr. Malam kemuliaan datangnya di malam bulan ramadhan. setiap tahun sekali di bulan Ramadhan akan datang Lailatul Qadr yang dirahasiakan kedatanganya. dijelaskan di Qs Al Qadr dan Qs Ad Dukhan 1 sd 7.
  3. Perang Badar. terjadil pada tgl 17 Ramadhan. disebut juga YAUMAL FURQAN hari Kemenangan. maka BULAN RAMADHAN DISEBUT BULAN KEMENANGAN.
  4. Fathu Mekah. Penaklukan kota Mekah. terjadi pada tgl 10 Ramadhan. ini dijelaskan oleh QS AN NASR. sehingga BULAN RAMADHAN DISEBUT JUGA BULAN ALFATH ATAU BULAN KEMENANGAN.

Dari 4 peristiwa penting tersebut diatas maka kita mohon kepada Allah agar bisa diberikan KEMENANGAN SEHINGGA DI BULAN RAMADHAN DI PONPES DZIKIR ALFATH MENGKAJI ALQURANYA DENGAN TADABBUR QS ALFATH DAN DI 10 TERAKHIR RAMADHAN DGN MENGKAJI TADABBUR QS. AN NASR.

Agar kita kemudian bisa mendapatkan kemenangan dari Allah maka dibulan Ramadhan kita melaksanakan ITIKAF DI MASJID BERDASARKAN QS ALBAQARAH 187. UNTUK MENDAPATKAN LAILATUL QADR QS AL QADR.

SEHINGGA MENDAPATKAN 9 KEMENANGAN DARI ALLAH QS ALFATH 1 SD 5.yaitu. 1.Ampunan dari Allah.2.Ditambah Nikmat.3.Dipimpin ke jalan yg lurus.4.Diberi pertolongan yang kuat.5.Diberi ketenangan 6.Ditambah keimanan. 7.diberikan tentara langit dan bumi. 8. di Masukan ke Syurga Allah.9. Dihapuskan dari kesalahan kita.

MAKA AMALIYAH WIRID ATAU AURAD DALAM ITIKAF YG UTAMA SUPAYA DAPAT KEMENANGAN DARI ALLAH  SEPERTI YANG DIPERINTAHKAN ALLAH  DI QS AN NASR AYAT 3 YAITU :

1.DZIKIR

2.TASBIH

3.ISTIGFAR.

Oleh karena itu dalam ITIKAF RAMADHAN INI KITA JEMPUT LAILATUL QADAR  UNTUK MENDAPATKAN KEMENANGAN DARI ALLAH  DENGAN MELAKSANAKAN AMALIYAH SBB.

IJAZAH AMALIAH ITIKAF  MENJEMPUT LAILATUL QADAR.DI 10 TERAKHIR RAMADHAN DI PONPES DZIKIR ALFATH

JADWAL AMALIYAH.

1).18.00 SD 18.30

a.TAJIL.

b.Shalat Sunat (SS) Syukrul Wudlu. SS Tahiyatul Masjid. SS.QABLIYAH. SHALAT MAGRIB. DZIKIR. DOA RAMADHAN. SS.Ba’diyah.

2).18.30 SD 19.00

Makan.

3).19.00 SD 20.30

a.SS.Syukrul Wudlu.SS.Tahiyatul Masjis.SS.Qabliyah. SHALAT ISYA. DZIKIR SS.Ba’diyah.

b.SS.Tarawih. (23 Rkt).

Baca Doa Ramadhan

4).20.30 SD.21.00

ISTIRAHAT.

5).21.00 SD Tahrim/Sahur.

a).TAWASULAN.

b).Dzikir (min 165)

c)TADABBUR QURAN (KHUSUS QS ALFATH).

d).Dzikir Min.165x

e) baca Al Ikhlas 1001x

f).baca amalan kunci 9.Asmaul husna.

g).baca lailahaillallah Almalikul haqqul mubin 1000x

h) baca Subhanallahi wabihamdihi subhanallahil adzim 1000x

i)  baca Astaghfirullahaladzim 1000x

j) baca Doa Tolak Bala Hijib Qadiriyah.

baca Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula waanikman nashir 300x

k).Baca Doa Ramadhan.

l).Khusu berdoa mohon kepada Allah dengan bahasa kita.masing masing.

7).04.00  sd 06.00.wib

a.SAHUR.

b.SHALAT SUNAT SYUKUR WUDLU

c.SHALAT SUNAT TAHIYATUL MASJID.(JIKA DIMASJID).

d.SHALAT SUNAT FAJAR

e.SHALAT SUBUH.

TAWASUL.DZIKIR.DOA RAMADHAN.

Doa Umum

f.SHALAT SUNAT ISYRAK

g.SHALAT SUNAT LIDAF’IL BALA  (tolak bala)

h.SHALAT SUNAT ISTI’ADZAH  (Mohon pertolongan)

i.Shalat Sunat Hajat.

DOWNLOAD MATERI